Bugar

Apakah Kayu Manis Bisa Menurunkan Gula Darah? Cek Penjelasannya di Sini

Apakah Kayu Manis Bisa Menurunkan Gula Darah? Cek Penjelasannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Selain memberikan rasa yang khas pada hidangan, kayu manis juga dikenal memiliki berbagai klaim kesehatan, termasuk klaim akan kemampuannya untuk menurunkan kadar gula darah. Tetapi, apakah kayu manis bisa menurunkan gula darah sebenarnya?

Bersumber dari Healthline, berikut ini adalah manfaat kayu manis yang ternyata mampu menurunkan kadar gula darah Anda:

1. Kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan

Kayu manis menyediakan nutrisi penting dan antioksidan dalam jumlah yang lebih besar. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis secara rutin dapat meningkatkan antioksidan dalam darah, yang membantu melawan kerusakan sel oleh radikal bebas dan mungkin menguntungkan kondisi seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Tips Sederhana untuk Menurunkan Kadar Gula Darah yang Tinggi

2. Memperbaiki respons insulin

Kayu manis berpotensi menurunkan kadar gula darah dengan meniru dan meningkatkan efek insulin, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Ini karena penderita diabetes mengalami kesulitan dalam produksi atau respons terhadap insulin.

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, memungkinkan untuk pengelolaan gula darah yang lebih efektif.

3. Menurunkan gula darah puasa dan hemoglobin A1c

Analisis dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan mungkin juga mempengaruhi hemoglobin A1c, sebuah indikator penting dari kontrol gula darah jangka panjang. Hal ini menunjukkan peran kayu manis dalam mendukung manajemen diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

Baca Juga: Terbilang Efektif, Inilah Makanan Penurun Gula Darah yang Layak Anda Coba

4. Mengontrol gula darah pasca-makan

Kayu manis dapat mengurangi lonjakan gula darah yang terjadi setelah makan dengan memperlambat laju pengosongan makanan dari perut dan menghalangi enzim yang memecah karbohidrat. Hal ini berkontribusi pada manajemen gula darah yang lebih stabil dan pengurangan risiko komplikasi terkait diabetes.

5. Mengurangi risiko komplikasi diabetes

Dengan mendukung pengelolaan gula darah yang efektif, kayu manis juga dapat berkontribusi pada pengurangan risiko komplikasi jangka panjang dari diabetes, seperti penyakit jantung dan stroke.

Penelitian tambahan menunjukkan potensi kayu manis dalam menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular dan mungkin bahkan mengurangi risiko demensia, termasuk penyakit Alzheimer yang kadang-kadang dihubungkan dengan diabetes.

Baca Juga: Hindari Makanan dan Minuman Pantangan Gula Darah Tinggi Ini

Nah, itulah penjabaran terkait apakah kayu manis bisa menurunkan gula darah atau tidak. Sejumlah bukti ilmiah mendukung gagasan bahwa kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kontrol gula darah pada beberapa orang.

Namun, penting untuk menggunakan kayu manis sebagai bagian dari pendekatan holistik terhadap kesehatan yang juga mencakup diet seimbang, olahraga teratur, dan pengelolaan stres. Jangan lupa berkonsultasi ke dokter sebelum Anda memasukkan kayu manis sebagai asupan penurun gula darah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News