AturUang

HP Lama Rusak? Ini Cara Nabung Buat Beli HP dengan Cepat!

HP Lama Rusak? Ini Cara Nabung Buat Beli HP dengan Cepat!

MOMSMONEY.ID - Salah satu cara cepat bisa membeli HP baru adalah dengan menabung. Namun bagaimana cara menabung dengan efektif, efisien dan cepat? 

Cara menabung paling efektif dan cepat adalah membiasakan diri menabung sedini mungkin. Jadi jangan menabung hanya saat HP lama Anda rusak. 

Sehingga saat HP lama Anda rusak, Anda sudah memiliki uang tabungan dan tinggal menambah sedikit untuk bisa mencapai harga beli HP Baru. 

Baca Juga: Baby Boomer Jadi Generasi yang Sulit Menikmati Masa Pensiun, Ini Alasannya

HP adalah salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Mulai dari SD hingga lansia, rasanya alat komunikasi ini sulit dilepaskan dari aktivitas harian. Namun di sisi lain, HP juga bukan benda murah seperti membeli kacang. Lalu bagaimana cara bisa beli HP?

Cara bisa membeli HP impian adalah dengan menabung. Melansir berbagai sumber, ini tips cara menabung dengan efektif dan cepat untuk bisa segera membeli HP impian Moms!

Tentukan jenis HP dan harganya
Sebelum membeli HP baru, Anda tentu harus melakukan riset. Cari jenis HP yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pilih harga yang sesuai dengan kemampuan Anda membeli. Jika sudah, kini Anda sudah tahu berapa jumlah uang yang harus dikumpulkan untuk membeli HP impian. 

Membuat catatan anggaran untuk setiap kebutuhan
Nah kini saatnya Anda mencatat anggaran bulanan atau harian Anda. Ingat lagi dalam beberapa bulan terakhir berapa biaya yang dikeluarkan dan untuk apa. 

Misalkan dalam beberapa bulan terakhir Anda menghabiskan uang Rp 500.000 untuk jajan. Nah ternyata anggaran ini yang paling bisa dipangkas dan dialihkan untuk menabung. Maka pastikan di bulan berikutnya Anda hanya boleh jajan Rp 250.000 dan sisanya dialihkan untuk menabung. 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Penyebab HP Cepat Rusak dari Hal Sepele

Gunakan sistem tabungan rutin harian atau bulanan
Jika Anda merupakan seorang pelajar atau mahasiswa dengan uang saku harian, mulailah disiplin menabung harian. Namun jika Anda sudah bekerja, usahakan setiap menerima gaji langsung sisihkan untuk ditabung. 

Bila biasanya Anda menabung Rp 500.000 sebulan untuk dana urgen, maka tambah tabungan sebesar Rp 250.000 untuk tambahan membeli HP. Jika rutin dalam satu tahun, maka uang tabungan untuk membeli HP sudah mencapai Rp 3 juta. 

Pilih instrumen investasi 
Cara menabung cepat untuk membeli HP selanjutnya adalah menginvestasikan uang yang Anda miliki. Salah satu instrumen yang memberikan imbal hasil lebih tinggi dari deposito dengan risiko rendah adalah menggunakan reksadana pasar uang. 

Melansir Bareksa, rata-rata imbal hasil reksadana dalam satu tahun mulai dari 5,47% hingga 7% tergantung produk yang Anda pilih. Sedangkan suku bunga deposito mulai dari 2% hingga 4%. Keuntungan dari bunga ini bisa jadi tambahan untuk beli HP impian Moms lo!

Mencari penghasilan tambahan
Jika uang tabungan Anda dirasa kurang setelah dihitung, padahal Anda harus segera ganti HP maka ada baiknya mencari penghasilan tambahan. Ini akan mempercepat Anda bisa membeli HP impian Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News