Keluarga

Hindari Lakukan Hal Ini, Jika Ingin Teflon Anti Lengket Moms Lebih Awet!

Hindari Lakukan Hal Ini, Jika Ingin Teflon Anti Lengket Moms Lebih Awet!

MOMSMONEY.ID - Tentu Anda pernah memiliki teflon anti lengket yang rusak dan jadi lengket, penyebabnya Anda salah cara merawatnya!

Teflon anti lengket adalah bahan pelapis dengan nama kimia polytetrafluoroethylene (PTFE) yang membuat permukaan alat masak licin dan membuat makanan bisa bergerak dengan bebas saat dimasak tanpa lengket. 

Lapisan anti lengket alias teflon pada alat masak ini juga mempermudah Anda dalam membersihkan alat masak. Namun ternyata Anda perlu cara menggunakan dan merawat teflon secara khusus agar tidak mudah rusak dan lengket. Lalu bagaimana cara merawat teflon anti lengket tanpa minyak?

Baca Juga: Tetap Waspada, Berikut Ciri-Ciri Pinjol Ilegal

Gunakan alat masak yang tidak memiliki ujung lancip dan non logam
Lapisan teflon yang membuat wajan jadi anti lengket tanpa minyak sangat mudah tergores. Oleh karena itu hindari menggunakan alat masak yang lancip atau terbuat dari logam. Gunakan alat masak kayu atau silikon yang aman untuk makanan. 

Jangan untuk memasak makanan asam
Melansir The Cooking Dish, memasak makanan asam bisa merusak lapisan anti lengket. Lapisan akan mudah mengelupas. Terutama jika Anda menggunakan panci anti lengket yang cukup murah. 

Makanan seperti tomat dan lemon cenderung untuk mengikat dan melonggarkan lapisan anti lengket. Sehingga beberapa panci akan rusak setelah menggunaan pertama. 

Jangan gunakan semprotan anti lengket
Saat ini banyak produk semprotan anti lengket untuk memasak dengan minyak yang sedikit. Ternyata produk ini sangat mudah merusak teflon Anda karena akan membuat suhu panas di permukaan. 

Baca Juga: 2 Resep Nastar Simpel Terbuat dari Bahan Premium untuk Ngemil di Hari Natal

Gunakan soda kue untuk membersihkan noda membandel
Saat memasak menggunakan teflon, Moms tentu pernah memasak hingga makanan gosong dan sulit dibersihkan. Nah cara termudah biasanya menggosok dengan sikat yang kasar. Namun cara ini salah dan justru membuat teflon anti lengket tanpa minyak cepat rusak. 

Melansir Better Homes and Gardens, jika Anda menemukan makanan gosong dan menempel di teflon, sebaiknya gunakan soda kue. Caranya campurkan soda kue dengan air hingga kental seperti pasta. Kemudian aplikasikan ke teflon. Setelah itu gunakan spons yang lembut untuk menghilangkan sisa makanan. 

Hindari menggunakan panas tinggi untuk memasak
Banyak panci atau wajan memiliki label peringatan untuk memberi tahu Anda panas yang bisa digunakan untuk memasak. Perhatikan label tersebut. Pengguaan api yang terlalu panas pada teflon bisa membuat lapisan menggelembung bahkan mengelupas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News