Keluarga

Hilangkan Beban Pikiran, Ini 7 Minuman Pereda Stres yang Bikin Mood Kembali Ceria

Hilangkan Beban Pikiran, Ini 7 Minuman Pereda Stres yang Bikin Mood Kembali Ceria

MOMSMONEY.ID -  Merasa stres dan cemas akhir-akhir ini? Redakan dengan mengonsumsi minuman pereda stres yang ampuh bikin mood jadi kembali bahagia.

Tak cuma bikin stres mereda, minuman berikut ini juga bikin otak jadi kembali fokus. Apa sajakah minuman tersebut?

Mari intip rekomendasi minuman pereda stres yang bisa meningkatkan rasa bahagia, dilansir dari laman Prevention, This is Calmer, dan Frisian Flag.

Air lemon hangat

Merupakan salah satu jenis minuman mood booster, air lemon hangat cocok jadi pilihan favoritmu dikala stres, sedih, ataupun saat sedang tidak fokus.

Baca Juga: Berapa Jumlah Kafein dalam Berbagai Jenis Teh? Ini Dia Kadarnya

Air lemon

Air hangat yang dicampur dengan perasan lemon dapat meningkatkan rasa fokus, sehingga kinerja Anda lebih produktif dan terhindar dari segala bentuk distraksi seperti rasa sedih dan cemas.

Bonus mengonsumsi minuman pereda stres ini adalah Anda bisa mendapatkan 1 dosis vitamin C yang diperlukan untuk membuat norepinefrin, yakni neurotransmitter yang pengaruhi bagian otak untuk mengontrol fokus seseorang.

Susu cokelat

Susu cokelat dikenal sebagai minuman pereda stres yang dapat atasi hari burukmu dan kembali membuatmu ceria.

Susu cokelat ini diketahui mengandung hormon endorfin & magnesium yang berfungsi untuk membuat mood lebih baik, mengatasi rasa lelah, serta memberikan ketenangan pada diri.

Baca Juga: Perbedaan 3 Jenis Tepung Terigu: Berprotein Tinggi, Sedang dan Rendah

Teh kamomil latte

Teh chamomile

Minuman pereda stres lainnya yang bisa Anda coba ketika harimu sedang buruk adalah teh kamomil yang dicampur dengan latte.

Teh kamomil telah terbukti meredakan kecemasan & amarah. Sementara latte terbuat dari susu sapi, dimana sapi tersebut diberi makan rumput yang di dalamnya mengandung asam linoleate terkonjugasi (CLA), yakni jenis lemak yang meningkatkan aliran darah ke otak dan menangkal efek hormon stres kortisol.

Gabungkan kedua minuman mood booster ini punya potensi melawan stres secara maksimal. Cukup tambahkan susu panas ke dalam secangkir teh kamomil kental dan maniskan dengan sentuhan madu.

Baca Juga: 6 Cara Pilih Minyak Zaitun Berkualitas Tinggi, dari Jenis hingga Kandungannya

Yogurt Yunani

Yogurt Yunani terbukti dapat meningkatkan kadar neurotransmitter yang baik, yaitu senyawa kimia yang berguna dalam memperbaiki suasana hati agar lebih baik.

Yogurt Yunani juga mengandung prebiotik yang dalam beberapa penelitian dikaitkan dengan peningkatan suasana hati. Beberapa ahli bahkan mengatakan probiotik bisa mengobati depresi.

Air kelapa

Air kelapa

Baca Juga: 7 Tips Jitu Mengatasi Bad Mood dan Perasaan Tidak Enak Hati

Siapa sangka, ternyata air kelapa juga dapat mengurangi rasa stres yang dirasakan tubuh & pikiran, lho!

Melansir dari Big C, air kelapa memiliki efek mendinginkan, sehingga bisa membantu meredam rasa panas & bikin tubuh jadi segar. Minuman ini juga menurunkan hormon kortisol yang dikeluarkan tubuh saat sedang stres.

Teh hijau

Teh hijau mengandung L-theanine, yakni sejenis asam amino yang meningkatkan gelombang otak Alfa, mirip dengan yang terjadi saat Anda sedang bermeditasi.

Gelombang alfa diasosiasikan dengan relaksasi & ketenangan yang mampu membuat pikiran jadi fokus.

Daripada mengonsumsi kafein yang besar dari kopi, mengonsumsi teh hijau dirasa jadi pilihan terbaik saat Anda harus bekerja dan fokus meski sedang bad mood.

Baca Juga: Waspada, Inilah 5 Efek Stres yang Muncul pada Wajah Akibat Cemas Tak Terkendali

Teh hijau

Baca Juga: Gula Aren vs Gula Jawa, Ini 6 Perbedaan dari Rasa, Kandungan, dan Tekstur

Kaldu

Jangan salah, air kaldu asli adalah salah satu jenis minuman pereda stres terbaik yang dapat atasi hari burukmu. Minuman mood booster yang satu ini juga dapat meningkatkan perasaan baik, sehingga Anda jadi lebih ceria.

Ini karena kaldu yang terbuat dari tulang sapi/ayam dapat menghentikan neurotransmitter (senyawa kimia yang membawa pesan dari tubuh ke otak) dari rasa cemas & jadi lebih rileks.

Itu dia aneka minuman pereda stres yang dapat hilangkan perasaan cemas, tertekan, dan sedih. Coba salah satu minuman tersebut saat pikiran sedang kalut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News