Keluarga

Highway Hypnosis saat Mudik Lebaran: Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahan

Highway Hypnosis saat Mudik Lebaran: Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahan

MOMSMONEY.ID - Inilah deretan penyebab, gejala, hingga cara pencegahan terjadinya highway hypnosis saat berkendara di musim mudik Lebaran seperti saat ini.

Melansir dari laman Wuling, istilah highway hypnosis didefinisikan sebagai kondisi seseorang yang mengalami kebosanan saat berkendara di jalan raya yang lurus. 

Sehingga, menyebabkan otak tidak fokus dan mengakibatkan pengendara tak sadar bahwa ia telah menempuh jarak perjalanan yang jauh.

Akibat terjadinya Highway Hypnosis biasanya akan menyebabkan pengemudi mengalami kehilangan kontrol keadaan. Tanpa disadari, mobil akan melaju semakin cepat, atau bahkan tak menyadari apabila jalur jalan telah berubah.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggelar Tradisi Open House Lebaran

Fatalnya, kehilangan kontrol keadaan akibat highway hypnosis mampu membuat terjadinya kecelakaan lalu lintas, lo.

Berikut beberapa gejala seseorang yang mengalami highway hypnosis:

  1. Kelopak mata terasa berat
  2. Menahan ngantuk
  3. Terlalu hening sehingga merasa tak mendengar apa-apa
  4. Pengemudi akan bereaksi lambat untuk menerka kejadian yang sedang dialami
  5. Linglung

highway hypnosis

Penyebab terjadinya highway hypnosis:

  1. Kelelahan
  2. Pikiran melayang / memikirkan hal lain
  3. Kurang tidur
  4. Jalanan lurus yang monoton
  5. Kurang minum sehingga kurang fokus
  6. Kurang oksigen yang memadai

Baca Juga: Rekomendasi 7 Bahan Mukena Adem Anti Berkeringat yang Wajib Kamu Miliki

Cara mencegah terjadinya highway hypnosis

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya highway hypnosis selama perjalanan mudik Lebaran:

Tidur cukup

Perjalanan mudik Lebaran yang memakan waktu lama, baik karena macet maupun karena jarak, memerlukan persiapan yang tak sedikit, salah satunya tidur & istirahat yang cukup.

Melansir dari Suzuki, pastikan Anda harus tidur nyenyak dalam waktu 7-8 jam tanpa jeda agar memaksimalkan level fokus & waspada saat perjalanan berlangsung.

Baca Juga: Belanja Pakaian Baru Jelang Lebaran? Tiru 7 Cara Menghentikan Kebiasaan Ini

Oksigen di dalam mobil cukup

Highway hypnosis yang terjadi akibat kurang fokus biasanya dialami pengendara apabila ia kekurangan pasokan oksigen dalam kendaraan.

Dua cara cepat untuk memaksimalkan pasokan oksigen ini ke otak, menurut Carsome, yakni dengan banyak minum air mineral & membuka jendela supaya oksigen masuk ke dalam kendaraan. Jangan lupa untuk mematikan ac mobil supaya tak boros.

Pasang musik

Seseorang mendengarkan musik menggunakan headphone

Baca Juga: Rekomendasi 6 Ide Hampers Lebaran untuk Teman dan Saudara

Mendengarkan musik nyatanya bisa jadi salah satu cara ampuh untuk menghindari terjadinya highway hypnosis saat sedang berkendara jauh seperti ketika mudik Lebaran.

Hindari memasang musik pelan / musik dengan genre yang bikin ngantuk seperti jazz. Jangan lupa untuk mengatur volume musik yang pas, supaya berkendara tetap aman & tetap bisa mendengarkan suara lingkungan sekitar.

Mengobrol

Jika Anda melakukan perjalanan mudik Lebaran bersama keluarga, maka berbincang-bincang menjadi cara efektif untuk mencegah terjadinya highway hypnosis yang umumnya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: Kalender 2024: Jadwal Libur Nasional Ada 17 Hari dan Cuti Bersama Lebaran 2024

Istirahat di rest area

Jika dirasa cukup kelelahan / merasa bosan setelah berkendara, pengendara wajib beristirahat di rest area terdekat, mengutip dari Toyota Astra.

Di rest area, Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari tidur sejenak, senam ringan, membeli makanan ringan, atau sekedar ke toilet untuk BAK atau mencuci muka supaya kembali segar.

Khusus untuk pengendara yang telah mengemudi lebih dari 4 jam, maka mereka wajib tidur saat ke rest area untuk memulihkan tenaga. Ini efektif untuk mencegah datangnya gejala highway hypnosis.

Itu dia deretan penyebab, gejala, hingga cara pencegahan terjadinya highway hypnosis saat berkendara di musim mudik Lebaran seperti saat ini.

Selanjutnya: MODENA Dukung Penguatan Industri Nasional melalui Ekspansi Manufaktur di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News