Santai

Haus Terus-Terusan Padahal Sudah Minum? Ternyata Ini 5 Penyebab Anda Haus Berlebihan

Haus Terus-Terusan Padahal Sudah Minum? Ternyata Ini 5 Penyebab Anda Haus Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah merasa masih kehausan walau sudah banyak minum air putih? Kenali beberapa penyebabnya di sini.

Semua orang tentu sudah tahu pentingnya minum air putih dalam jumlah cukup agar tidak menyebabkan dehidrasi.

Dalam satu kondisi, ada juga yang merasa masih kehausan walau sudah banyak minum air putih. Apa sih yang menjadi penyebabnya?

Bagi yang sering mengalami kondisi tersebut, sebaiknya kenali penyebab mengapa Anda masih merasa haus padahal sudah mengonsumsi banyak air putih.

Baca Juga: Tak Usah Diragukan, Ini Loh 5 Manfaat Minum Susu Hangat Buat Kesehatan

Ketidakseimbangan elektrolit

Ketidakseimbangan elektrolit menjadi masalah umum yang menyebabkan Anda terus kehausan walau sudah banyak minum air. Menurut laman Byrdie, hal tersebut disebabkan karena minimnya asupan elektrolit yang masuk ke dalam tubuh.

Tubuh akan memicu respons haus yang menyebabkan Anda harus minum lebih banyak air. Lebih lanjut, proses ini akan menyebabkan pengenceran elektrolit yang membuat ketidakseimbangan jumlah elektrolit.

Padahal elektrolit dan serat dibutuhkan tubuh untuk menyerap air yang membantu hidrasi kulit, meregulasi otot-otot, dan melancarkan fungsi saraf.

Terlalu banyak berkeringat

Tubuh akan kehilangan banyak elektrolit dan cairan saat Anda berkeringat. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya elektrolit juga penting untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Tubuh akan mengeluarkan lebih banyak elektrolit jika pada saat keluarnya cairan berlebih tidak diganti dengan elektrolit. Sebaiknya, saat berolah raga di musim panas yang rawan mengeluarkan keringat berlebih, sediakan juga minuman elektrolit di samping air putih biasa, ya.

Baca Juga: Selain Roti Gandum, 4 Jenis Roti Sehat Rendah Kalori Ini Cocok Buat Menu Diet

Dehidrasi

Walau sudah banyak minum air putih, Anda juga masih bisa mengalami kondisi dehidrasi, loh. Penyebab hal tersebut menurut laman Medicine Net disebabkan karena masih kurangnya asupan air untuk jaringan tubuh.

Setelah minum air, cairan akan masuk ke sistem peredaran darah terlebih dahulu. Dari sana, cairan dipecah ke jaringan tubuh lain, di mana proses tersebut untuk sementara akan menurunkan kandungan cairan dalam sirkulasi kita.

Jadi meski Anda sudah minum banyak air, mungkin diperlukan lebih banyak air lagi untuk memastikan rehidrasi yang tepat.

Efek samping pengobatan

Pengobatan yang menggunakan obat-obatan dengan bahan dierutik bisa menjadi penyebab mengapa Anda masih merasa haus setelah minum air putih. Dierutik adalah obat-obatan yang diberikan untuk mengurangi pembengkakan pada tubuh dan hipertensi.

Obat-obatan ini bekerja dengan cara mengeluarkan kandungan garam dan air dari dalam tubuh yang membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi.

Lapar

Lapar adalah kondisi yang bisa muncul di antara rasa lapar sesungguhnya atau hanya karena dehidrasi. Salah satu tanda Anda merasa lapar adalah Anda jadi lebih mudah tersinggung.

Kondisi ini lebih rentan terjadi pada individu dengan disregulasi gula darah. Maka dari itu, penting juga untuk mengatur jam makan dengan tepat dan mengonsumsi makanan sehat.

Jangan lupa konsumsi makanan yang bernutrisi dan kaya akan serat serta elektrolit agar terhindar dari dehidrasi.

Nah, itulah tadi beberapa faktor penyebab mengapa Anda masih merasa haus padahal sudah minum banyak air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News