Keluarga

Hati-hati! Ada Sinar UV Berbahaya Sepanjang Siang Hari Ini di Indonesia (8/3)

Hati-hati! Ada Sinar UV Berbahaya Sepanjang Siang Hari Ini di Indonesia (8/3)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Jumat, 8 Maret 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Flip Bagikan Promo Untuk Perempuan di Hari Perempuan Sedunia

Papua & Maluku
Sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi mulai dirasakan di Papua dan Maluku pada pukul 10.00 WIT. Kemudian level bahaya sinar UV naik ke level sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 11.00 hingga 14.00 WIT. Namun khusus di Papua Pegunungan dan Papua Selatan level bahaya sinar UV sudh turun ke level sedang pada pukul 12.00 WIT.

Sulawesi
Sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi mulai dirasakan pukul 10.00 WITA. Kemudian meningkat ke level bahaya sangat tinggi hingga ekstrem kecuali di Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan pada pukul 11.00-12.00 WITA. 

Bali & Nusa Tenggara
Level bahaya sinar UV di Bali dan Nusa Tenggara dari sedang melonjak ke sangat tinggi pada pukul 10.00 WITA. Kemudian meningkat ke level bahaya ekstrem mulai pukul 11.00 hingga 12.00 WITA. Setelahnya kondisi sinar UV turun ke level bahaya sedang. 

Baca Juga: Ini 5 Tips Menabung Emas Buat Yang Gajinya UMR

Kalimantan & Jawa
Kalimantan dan Jawa mengalami sinar UV berbahaya sangat tinggi pada pukul 10.00 WIB. Sebelumnya level bahaya sinar UV hanya pada tahapan sedang. Kemudian pada pukul 11.00 WIB sinar UV mencapai level bahaya sangat tinggi hingga ekstrem. Kemudian mereda ke level sedang pada pukul 12.00 WIB. 

Sumatera
Sumatera alami sinar UV berbahaya tinggi pada pukul 10.00 WIB. Kemudian meningkat ke level bahaya sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 11.00 hingga 13.00 WIB. Level bahaya turun ke sedang mulai pukul 14.00 WIB.

Bila disimpulkan waktu sinar UV berbahaya melanda di Indonesia lebih singkat pada hari ini. Namun tetap sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News