Keluarga

Lindungi Diri! Ada Sinar UV Berbahaya Sepanjang Siang Hari Ini di Indonesia (7/3)

Lindungi Diri! Ada Sinar UV Berbahaya Sepanjang Siang Hari Ini di Indonesia (7/3)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Kamis, 7 Maret 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Tiket Kereta Lebaran H-10 Hingga H+9 Sudah Terjual Lebih 1 Juta Tiket

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Ini jam yang perlu dihindari untuk keluar rumah karena ada sinar UV berbahaya!

Papua & Maluku
Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di Papua, Papua Pegunungan dan Papua Selatan pada pukul 09.00 WIT. Kemudian seluruh Papua merasakan sinar UV berbahaya sangat tinggi pada pukul 10.00 WIT. 

Sementara itu di Maluku dan Maluku Utara mengalami sinar UV berbahaya tinggi pada pukul 10.00 WIT. Kemudian pada pukul 11.00 WIT sinar UV di Maluku dan Maluku Utara meningkat menjadi berbahaya sangat tinggi sedangkan di Papua menjadi berbahaya ekstrem.

Pada pukul 12.00 WIT hiingga 13.00 WIT Maluku dan Maluku Utara alami sinar UV berbahaya sangat tingg hingga ekstrem. Sedangkan di Papua tingkat bahaya turun ke level sangat tinggi dan tinggi. 

Di Papua sinar UV sudah mencapai level aman pada pukul 15.00 WIT dan di Maluku-Maluku Utara pada pukul 16.00 WIT. 

Baca Juga: Sandiaga Uno: Tokyo Marathon Jadi Inspirasi Wisata Olahraga di Indonesia

Sulawesi
Sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi dirasakan mulai pukul 09.00 WITA. Kemudian meningkat menjadi berbahaya sangat tinggi pada pukul 10.00 WITA. Mulai pukul 11.00 hingga 12.00 WITA Sulawesi alami sinar UV berbahaya ekstrem. Kondisi di Sulawesi baru aman setelah pukul 15.00 WITA. 

Bali & Nusa Tenggara
Sinar UV berbahaya sedang dirasakan di Bali dan Nusa Tenggara pada pukul 09.00 WITA. Kemudian meningkat ke level bahaya sangat tinggi pada pukul 10.00 - 11.00 WITA. Kemudian pada pukul 15.00 WITA kondisi sudah aman untuk beraktivitas di luar. 

Kalimantan & Jawa
Seluruh wilayah di Kalimantan dan Jawa merasakan sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi mulai pukul 09.00 WIB. Kemudian bahaya meningkat ke level sangat tinggi hingga ekstrem pada pukul 10.00 WIB. 

Adapun pada pukul 11.00 hingga 12.00 WIB sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Kalimantan. Sedangkan di Jawa sinar UV mencapai level berbahaya sedang. 
 
Di Kalimantan kondisi turun ke level sedang pada pukul 14.00 WIB. Kemudian baik di Jawa maupun Kalimantan, sinar UV sudah mencapai level aman pada pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Anak Remaja Bandel? Ini 5 Cara Mendisiplinkan Anak Remaja dengan Tepat

Sumatera
Sinar UV berbahaya sedang dirasakan pada pukul 09.00 WIB. Kemudian meningkat ke level bahaya tinggi hingga sangat tinggi pada pukul 10.00 WIB. Lalu  sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan pada pukul 12.00 - 13.00 WIB di Sumatera bagian selatan. Kondisi mereda ke level sedang dan sebagian aman pada pukul 15.00 WIB. 

Sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News