InvesYuk

Harga Emas Dunia Siang Ini Masih Loyo, Emas Antam Turun Rp 2.000

Harga Emas Dunia Siang Ini Masih Loyo, Emas Antam Turun Rp 2.000

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia turun pada Senin (5/2) siang. Merujuk data Bloomberg, di perdagangan sesi Asia pukul 13.00 WIB, harga emas spot dihargai US$ 2.031,33 per troi ons, turun US$ 8,43 atau setara 0,41% dibandingkan penutupan Jumat lalu.

Pelemahan harga emas hari ini melanjutkan koreksi yang terjadi pada Jumat (2/2) lalu. Saat itu, harga emas spot turun 0,74%. Dus, periode tahun ini berjalan, harga emas dunia sudah tergerus sebesar 1,6%.

Melansir Bloomberg, harga emas dunia hari ini tergelincir di tengah tekanan dari kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat (US Treasury) dan penguatan dollar AS. Pasalnya, pelaku pasar meragukan pemangkasan suku bunga pada Maret. Ini terjadi setelah Ketua The Federal Reserves Jerome Powell menegaskan bahwa pejabat bank sentral ingin melihat lebih banyak data ekonomi untuk memastikan bahwa inflasi berada pada jalur berkelanjutan untuk mencapai target 2%.

Tingginya yield obligasi menyebabkan emas yang tidak membagikan imbal hasil menjadi kalah saing.

Baca Juga: Harga Emas Spot Tertekan Data Tenaga Kerja AS yang Naik

Di sisi lain, laporan lapangan pekerjaan AS (NFP) yang optimis mengurangi harapan pemangkasan suku bunga di bulan Maret. Mengutip riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX), Senin (5/2), laporan NFP menunjukkan AS menambahkan 353.000 lapangan pekerjaan pada Januari, mengalahkan ekspektasi pasar hanya 180.000.

Angka yang lebih tinggi mengindikasikan pertumbuhan ekonomi negara Uncle Sam sedang meningkat dan kemungkinan The Fed cenderung terus menaikkan suku bunga acuan, sehingga memberikan penguatan terhadap nilai dolar AS.

Prediksi ICDX, support harga emas dunia saat ini beralih ke area US$ 2.030, dengann resistance terdekat di area US$ 2.057 per troi ons. 

Nah, bagaimana pergerakan harga emas di dalam negeri, hari ini, Moms? 

Harga emas Antam juga beranjak turun. Menurut data logammulia.com, Senin (5/2), harga emas Antam pecahan 1 gram dibanderol Rp 1,140 juta, atau turun sebesar Rp 2.000 dibandingkan harga akhir pekan lalu.

Meski begitu, jika dihitung, sepanjang tahun ini berjalan, harga emas Antam masih naik sebesar Rp 10.000.

Tetapi, Moms belum tentu sudah cuan ya apabila menjual emas sekarang. Maklum, selisih atau spread harga beli dan harga beli kembali atawa buyback emas Antam cukup lebar, hampir Rp 100.000. Harga buyback emas Antam pada hari ini dibanderol Rp 1,036 juta per gram. Ini adalah patokan harga apabila Moms menjual emas Antam.

Jadi, sebaiknya hitung-hitung dulu ya, Moms, sudah untung atau masih boncos!

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian Bergerak Stabil di Awal Pekan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News