InvesYuk

Harga Emas Dunia Masih Bergulir Tipis, Buyback Emas Antam Stagnan

Harga Emas Dunia Masih Bergulir Tipis, Buyback Emas Antam Stagnan

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia hingga siang ini relatif stabil. Emas bergulir tipis di tengah ketidakpastian penurunan suku bunga Federal Reserve (The Fed). 

Merujuk data Bloomberg, Senin (26/2) pukul 12.18 WIB, emas spot diperdagangkan seharga US$ 2.032,38 per troi ons. Harga emas dunia turun tipis US$ 3 atau setara dengan 0,15% dibandingkan harga penutupan pekan lalu.
 
Emas stabil karena pasar menunggu kejelasan lebih lanjut mengenai kapan bank sentral negara Uncle Sam akan mulai menggunting suku bunga. Ekspektasi suku bunga lebih rendah biasanya berdampak positif bagi emas yang tidak menawarkan bunga apapun.

Mengutip Bloomberg, emas masih bertahan kemungkinkan karena mendapat dukungan dari pelemahan dollar AS, sehingga emas lebih murah bagi sebagian besar pembeli. Kondisi ini mungkin juga menarik beberapa permintaan safe haven di tengah ketegangan masih tinggi di Timur Tengah dan Donald Trump semakin dekat menjadi kandidat Presiden AS dari Partai Republik.

Baca Juga: Sepekan Naik, Harga Emas Antam Lebih Mahal Rp 12.000

Bursa Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX) menganalisa, pasar masih mengantisipasi The Fed akan menurunkan suku bunga pada pertemuan bulan Mei atau Juni. Sementara, Christopher Waller dari The Fed mengisyaratkan bahwa penurunan suku bunga pertama bisa dilakukan pada akhir tahun ini. 

Investor akan mengambil lebih banyak petunjuk dari Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti (Core PCE), ukuran inflasi pilihan The Fed, yang diperkirakan meningkat sebesar 0,4% MoM dan 2,8% YoY di bulan Januari. Di samping itu, data sektor perumahan dan manufaktur juga akan menarik minat pelaku pasar. 

"Tren belanja konsumen yang lebih tinggi dapat memicu inflasi, sehingga menunda jangka waktu penurunan suku bunga The Fed," analisis Tim Riset ICDX dalam Daily Newsletter, Senin (26/2).

ICDX memperkirakan, level support terjauh harga emas saat ini beralih ke area US$ 2.019 per troi ons. Sementara resistance terjauh di area US$ 2.051 hingga US$ 2.065 per troi ons.

Baca Juga: Ancaman Perang Makin Besar, Robert Kiyosaki Beli Lebih Banyak 2 Aset Ini

Segendang sepenarian, harga emas fisik di dalam negeri juga tak bergerak banyak hari ini. Mengutip logammulia.com, harga emas Antam pecahan 1 gram turun tipis Rp 1.000 menjadi Rp 1,135 juta. 

Adapun harga beli kembali alias buyback emas Antam stagnan Rp 1,027 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Moms menjual emas Antam hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News