InvesYuk

Harga Emas Dunia Berjaya, Safe Haven Diburu Karena Konflik Memanas

Harga Emas Dunia Berjaya, Safe Haven Diburu Karena Konflik Memanas

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia mengkonsolidasikan kenaikannya pada hari ini, mendekati rekor tertinggi yang dicapai pada sesi sebelumnya. Penguatan harga logam mulia terjadi karena para pedagang terus mencermati perkembangan konflik Timur Tengah, yang mendorong pembelian aset-aset safe haven seperti emas.

Melansir Reuters, Senin (15/4) pukul 11.23 WIB, harga emas spot naik 0,6% menjadi US$ 2.356,69 per troi ons. Emas mendekati level rekor tertinggi sepanjang masa di US$ 2.431,29 yang ditorehkan Jumat lalu. 

Di pasar Comex-AS, harga emas berjangka stabil di level US$ 2.373,30 per troi ons.

Tim Waterer, Kepala analis pasar KCM Trade, mengatakan emas tetap populer sebagai aset keuangan mengingat kombinasi risiko geopolitik dan prospek pelonggaran suku bunga The Fed pada paruh kedua tahun ini.

"Dalam banyak hal, emas terlihat sebagai aset untuk semua kesempatan, mengingat kemampuannya untuk bangkit dalam berbagai dinamika pasar pada tahun 2024,” kata Waterer, dilansir dari Reuters, Senin (15/4). 

Baca Juga: Harga Emas Dunia Tembus Level US$ 2.400 Semalam, Ini Faktor Pemicunya!

Emas telah naik lebih dari 14% sepanjang tahun ini, didorong oleh kuatnya pembelian oleh bank sentral dan arus masuk pada safe haven di tengah berlanjutnya risiko geopolitik. 

Meskipun data ekonomi AS baru-baru ini menunjukkan pasar tenaga kerja yang kuat dan inflasi tinggi, Presiden Federal Reserve Bank of Boston, Susan Collins membidik beberapa penurunan suku bunga pada tahun ini. Suku bunga yang lebih rendah pada aset lainnya, menguntungkan bagi emas, yang tidak menawarkan imbal hasil.

Menurut Waterer, level US$ 2.500 terlihat lebih seperti target jangka pendek dan menengah yang layak, di tengah momentum tetap berpihak pada logam mulia, yang sejauh ini menjadi cerita pada tahun 2024.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Cetak Level Tertinggi Lagi, Emas Antam Rekor Rp 1,32 juta

Di dalam negeri, pamor harga emas Antam tak kalah kinclong. Mengutip logammulia.com, harga emas Antam pecahan 1 gram dibanderol Rp 1,315 juta, naik Rp 5.000 dibandingkan sesi sebelumnya. Emas sempat mengukir rekor tertinggi sepanjang masa di Rp 1,324 juta pada 12 April lalu.

Sepanjang tahun ini berjalan, akumulasi kenaikan harga emas Antam telah mencapai Rp 185.000.

Adapun harga beli kembali alias buyback emas Antam hari ini stabil di Rp 1,206 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Moms menjual emas Antam pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News