InvesYuk

Harga Emas Dunia Tembus Level US$ 2.400 Semalam, Ini Faktor Pemicunya!

Harga Emas Dunia Tembus Level US$ 2.400 Semalam, Ini Faktor Pemicunya!

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia naik ke level tertinggi sepanjang masa di atas US$ 2.400 per troi ons, pada sesi kemarin, Jumat (12/4). Logam mulia naik empat minggu berturut-turut karena ketegangan meningkat di Timur Tengah.

Mengutip Reuters, pada Jumat (12/4), harga emas spot mendaki ke rekor tertinggi US$ 2.419,79, sebelum berakhir lebih rendah di US$ 2.343,43 per troi ons. Harga logam mulia ditutup turun 1,19% dibandingkan penutupan sesi sebelumnya. Meski begitu, minggu ini, harganya masih naik 0,63%.

Sedikit berbeda, harga emas kontrak pengiriman Juni 2024 di bursa berjangka (Comex) masih ditutup naik tipis 0,06% menjadi US$ 2.3374,10 per troi ons pada sesi Jumat.

Ketegangan di Timur Tengah mendorong investor mencari perlindungan pada aset-aset safe haven. Kata Gedung Putih, serangan yang dilaporkan akan segera dilakukan oleh Iran terhadap Israel adalah ancaman yang nyata dan dapat dilakukan. Mereka menegaskan kembali bahwa AS menganggap serius komitmennya untuk membela Israel.

Analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff, mengatakan, emas terus menguat dengan tajam, meski indeks dolar AS dan imbal hasil US Treasury meningkat, yang benar-benar menunjukkan kekuatan emas. "Itu sangat menunjukkan permintaan safe haven yang kuat,” kata dia, melansir Reuters, Sabtu (13/4).

Baca Juga: Harga Emas Dunia Cetak Level Tertinggi Lagi, Emas Antam Rekor Rp 1,32 juta

Ole Hansen, Kepala strategi komoditas di Saxo BankEmas, menilai harga emas terus menguat karena kita menyaksikan ketakutan akan ketinggalan momentum. "Lonjakan emas baru-baru ini terjadi meskipun para pedagang menarik kembali taruhan untuk penurunan suku bunga lebih awal dari Federal Reserve," beber dia.

Sementara, Presiden pasar global di EverBank, Chris Gaffney, menduga akan wajar jika melihat koreksi di pasar bullish, namun trennya akan terus positif. 

Goldman Sachs menaikkan perkiraan harga emas di akhir tahun ini menjadi US$ 2.700 per troi ons, dari sebelumnya US$ 2.300. Prediksi itu mengingat fakta bahwa ada pengabaian pasar bullish emas terhadap faktor makro yang biasa terjadi.

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian : Antam Tertahan, UBS Menguat

Di dalam negeri, harga emas Antam hari ini tumbang dari rekor puncaknya. Mengutip logammulia.com, Sabtu (13/4), harga emas Antam pecahan 1 gram dibanderol Rp 1,31 juta, turun Rp 14.000 dibandingkan harga kemarin.

Meski melandai, namun sepanjang bulan April ini berjalan, harganya masih naik Rp 61.000. Dus, akumulasi kenaikannya di tahun ini sudah sebesar Rp 180.000.

Adapun harga beli kembali alias buyback emas Antam hari ini stabil di level Rp 1,201 juta per gran. Ini adalah acuan harga apabila Moms menjual emas Antam pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News