InvesYuk

Harga Emas Dunia Bertahan di Dekat Level Tertinggi Tahun Ini

Harga Emas Dunia Bertahan di Dekat Level Tertinggi Tahun Ini

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia hari ini (4/3) bertahan di dekat level tertinggi tahun ini. Emas tak beranjak jauh setelah Jumat lalu naik hampir 2%.

Mengutip Bloomberg, di pasar Asia Senin pukul 11.47 WIB,  emas spot diperdagangkan seharga US$ 2.080,99 per troi ons. Harga emas dunia hanya turun tipis sekitar US$ 2 dari harga Jumat lalu yang mencapai US$ 2.082,92 per troi ons.

Info saja, harga emas dunia pada penutupan Jumat lalu naik hampir 2% ke level tertinggi tahun ini, gara-gara terpicu data ekonomi negara Uncle Sam yang memburuk. IMP Manufaktur AS turun ke 47,8 pada Februari dari bulan sebelumnya 49,1, di bawah konsensus pasar, menurut Institute for Supply Management (ISM). 

Tim Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX) dalam Gold Daily Newsletter, menyebut, data ekonomi yang melemah menjaga kemungkinan penurunan suku bunga Federal Reserve (Fed) pada bulan Juni. Suku bunga rendah biasanya positif bagi emas, yang tidak menghasilkan imbal hasil.

Di sisi lain, pelaku pasar masih mencerna kemungkinan pemangkasan suku bunga melalui komentar beberapa pejabat Fed. Presiden The Fed Boston Susan Collins dan John Williams dari New York, menyatakan,  penurunan suku bunga pertama kemungkinan akan dilakukan pada akhir tahun ini. Sedangkan, Raphael Bostic dari Atlanta memperkirakan pelonggaran kebijakan pada musim panas ini.

Melansir Bloomberg, posisi harga emas di atas level kunci US$ 2.000 per troi ons dinilai masih kuat untuk saat ini, dengan kenaikannya didorong oleh pertaruhan mengenai waktu dan seberapa besar penurunan bunga Fed.

Baca Juga: Mengekor Emas Dunia, Harga Emas Antam Hari Ini Melejit Rp 22.000

Tim Riset ICDX memperkirakan, resistance terdekat harga emas dunia saat ini di area US$ 2.095, dengan support terdekat US$ 2.050 per troi ons.

Adapun support terjauh berada di area US$ 2.026 hingga US$ 1.990 per troi ons. Sementara resistance terjauh harga emas dunia di area US$ 2.125 hingga US$ 2.146 per troi ons.

Bagaimana pergerakan harga emas di dalam negeri?

Harga emas Antam hari ini stagnan.

Mengutip logammulia.com, emas Antam pecahan 1 gram dihargai Rp 1,164 juta, masih sama dengan harga kemarin. Emas Antam hari ini stabil setelah Sabtu (2/3) lalu, harganya naik signifikan Rp 22.000 dalam sehari. 

Dus, harga beli kembali alias buyback emas Antam hari ini ikut stagnan di level Rp 1,057 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Moms Menjual emas Antam hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News