Bugar

Gula Darah Tinggi Pasti Turun Dengan Konsumsi Minuman Ini, Apa Saja?

Gula Darah Tinggi Pasti Turun Dengan Konsumsi Minuman Ini, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Apa saja rekomendasi minuman penurun gula darah tinggi? Simak daftarnya berikut ini, yuk!

Gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi di mana kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hal ini bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti diabetes tipe 2, kerusakan saraf, kerusakan pembuluh darah, dan bahkan stroke.

Salah satu cara untuk mengelola gula darah tinggi adalah dengan mengatur pola makan, termasuk memilih minuman yang tepat. Bersumber dari Eating Well, inilah minuman penurun gula darah tinggi yang bisa Anda coba:

1. Air putih

Minum air putih membantu menjaga hidrasi tubuh dan dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Air juga meningkatkan volume darah, mendorong pelepasan asam amino yang mempengaruhi regulasi gula darah.

Baca Juga: Gampang Lapar dan Haus, Ketahui Ciri-ciri Diabetes Tipe 1, yuk!

2. Kopi

Kopi dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Senyawa tanaman dalam kopi mendukung kesehatan sel-sel di hati dan pankreas, melindungi terhadap perkembangan penyakit hati berlemak, dan menjaga fungsi insulin.

3. Teh hitam

Teh hitam dikaitkan dengan risiko diabetes dan komplikasi diabetes yang lebih rendah. Senyawa dalam teh membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif serta peradangan.

Baca Juga: Sering Menjadi Buah Bibir, Apakah Diabetes Penyakit Keturunan?

4. Teh Hijau

Teh hijau dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa, menghambat penyerapan karbohidrat selama pencernaan, meningkatkan metabolisme glukosa, dan mengurangi stres oksidatif.

5, Susu

Protein dalam susu sapi, seperti kasein dan whey, dapat membantu menurunkan respons glukosa darah setelah makan. Meskipun demikian, perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana konsumsi susu dapat mempengaruhi kadar gula darah secara keseluruhan.

Baca Juga: Dijamin Ampuh, Ini 4 Jus untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

6. Jus tomat

Jus tomat mengandung serat yang dapat membantu memperlambat pencernaan, sehingga memperlambat kenaikan gula darah setelah makan. Sebuah studi menemukan bahwa minum jus tomat sebelum makan sarapan kaya karbohidrat dapat menghasilkan kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan.

Itulah beberapa minuman penurun gula darah tinggi yang dapat Anda coba. Dengan memilih minuman-minuman ini, Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes serta komplikasinya.

Tetap ingat untuk menghindari penambahan gula berlebihan dalam minuman Anda. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News