Bugar

Gula Darah Tinggi Harus Makan Apa? Ini 13 Makanan Penurun Gula Darah Terbaik

Gula Darah Tinggi Harus Makan Apa? Ini 13 Makanan Penurun Gula Darah Terbaik

MOMSMONEY.ID - Sering dipertanyakan, gula darah tinggi harus makan apa? Ini rekomendasi makanan penurun gula darah tinggi yang dapat dicoba.

Gula darah tinggi atau hiperglikemia terjadi ketika kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Kondisi ini sering dikaitkan dengan diabetes.

Namun, siapa saja bisa mengalami peningkatan gula darah akibat pola makan yang kurang sehat atau kurangnya aktivitas fisik.

Untuk mengelola gula darah yang tinggi, selain menjaga pola hidup sehat, memilih makanan yang tepat adalah langkah penting. Lantas, gula darah tinggi harus makan apa?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Biji-bijian untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Menyadur dari laman Halodoc, berikut ini adalah makanan penurun gula darah tinggi terbaik:

1. Quinoa

Quinoa mengandung serat dan protein yang tinggi, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Makanan ini juga kaya nutrisi dan cocok untuk diet penderita diabetes.

2. Ubi jalar

Ubi jalar adalah pilihan karbohidrat yang lebih baik bagi penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah. Ubi jalar juga kaya akan serat yang membantu menstabilkan gula darah setelah makan.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan sarapan yang baik untuk penderita diabetes. Kandungan beta-glukan dalam oatmeal membantu mengurangi respons glukosa dan insulin setelah makan, serta menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Ikan yang kaya omega-3

Ikan seperti salmon atau sarden yang kaya akan omega-3 sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Selain menyehatkan, kandungan protein dan omega-3 dalam ikan dapat membantu mengontrol gula darah.

Baca Juga: Inilah Posisi Tidur saat Asam Lambung Naik yang Direkomendasikan

5. Roti gandum

Roti gandum lebih baik bagi penderita diabetes dibandingkan roti biasa karena memiliki indeks glikemik lebih rendah dan tinggi serat. Serat membantu memperlambat proses pencernaan, sehingga kadar gula darah lebih stabil dan tidak mudah melonjak.

6. Buah-buahan

Banyak buah-buahan yang memiliki indeks glikemik rendah, seperti apel, pir, dan buah beri. Kandungan serat dan air dalam buah membantu menjaga keseimbangan gula darah. Namun, sebaiknya konsumsi buah secara utuh, bukan dalam bentuk jus, agar manfaat seratnya lebih maksimal.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari, kaya akan serat dan protein nabati, serta memiliki indeks glikemik rendah. Ini membuat kacang-kacangan sangat baik untuk mengontrol kadar gula darah. Pilihlah kacang yang belum banyak diolah untuk hasil yang lebih sehat.

Baca Juga: 12 Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai

8. Bawang putih

Bawang putih telah terbukti membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, bawang putih juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

9. Yoghurt

Yoghurt tawar tanpa perasa merupakan pilihan yang baik untuk penderita diabetes karena rendah glikemik. Rutin mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

10. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kale kaya akan serat dan rendah karbohidrat, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah. Serat dalam sayuran juga berperan dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kenapa Diabetes Menyerang Kaki, Intip yuk!

11. Buah sitrus

Buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon mengandung vitamin C, folat, dan potasium yang baik bagi penderita diabetes. Buah ini membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

12. Buah beri

Buah beri seperti stroberi dan bluberi mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Selain membantu mengontrol gula darah, buah beri juga kaya vitamin K, mangan, dan potasium, yang mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan.

13. Daging dada ayam

Dada ayam rendah kalori dan kaya protein yang membantu penderita diabetes untuk mempertahankan berat badan ideal dan merasa kenyang lebih lama. Protein dalam ayam juga mendukung kesehatan otot dan tulang.

Nah, itulah beberapa makanan penurun gula darah tinggi terbaik yang dapat Anda coba konsumsi. Sekarang Anda sudah tahu jika gula darah tinggi harus makan apa, bukan? Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News