Bugar

Salah Satunya Kekurangan Nutrisi, Inilah Penyebab Gula Darah Rendah

Salah Satunya Kekurangan Nutrisi, Inilah Penyebab Gula Darah Rendah

MOMSMONEY.ID - Apa saja penyebab gula darah rendah? Mari simak beberapa penyebabnya di sini!

Gula darah rendah atau hipoglikemia merupakan kondisi medis yang ditandai dengan penurunan kadar glukosa darah di bawah batas normal, yang dapat berpengaruh negatif pada fungsi tubuh. Meskipun kondisi ini lebih sering dikaitkan dengan pengelolaan diabetes, terdapat berbagai penyebab lain yang dapat memicu hipoglikemia, termasuk kekurangan nutrisi.

Mengutip dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa penyebab gula darah rendah:

1. Mengonsumsi obat tertentu

Kesalahan mengonsumsi obat diabetes oral milik orang lain bisa memicu hipoglikemia. Obat tertentu, seperti kina yang digunakan untuk malaria, juga berisiko menyebabkan hipoglikemia, khususnya pada anak-anak atau seseorang dengan kondisi gagal ginjal.

Baca Juga: Benarkah Yogurt Bisa Menurunkan Gula Darah? Ini Faktanya

2. Minum alkohol berlebihan

Minum alkohol dalam jumlah banyak tanpa asupan makanan dapat menghambat kemampuan hati untuk melepaskan glukosa ke dalam aliran darah, berisiko menimbulkan hipoglikemia.

3. Menderita penyakit serius

Kondisi medis seperti penyakit hati kronis, infeksi berat, penyakit ginjal, dan penyakit jantung yang lanjut bisa menjadi penyebab hipoglikemia. Penyakit ginjal juga berpotensi menghambat eliminasi obat dari tubuh. Akibat akumulasi obat inilah yang menurunkan gula darah.

Baca Juga: Begini Lo Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami!

4. Kekurangan nutrisi

Hipoglikemia dapat terjadi akibat kekurangan nutrisi atau kelaparan yang menyebabkan habisnya simpanan glikogen, yang dibutuhkan untuk produksi glukosa. Anoreksia nervosa adalah contoh gangguan makan yang bisa menyebabkan hipoglikemia karena kelaparan jangka panjang.

5. Berlebihnya produksi insulin

Insulinoma, tumor pankreas yang jarang terjadi, bisa mengakibatkan produksi insulin berlebih dan menyebabkan hipoglikemia. Tumor lain atau sel-sel pankreas yang tidak normal juga bisa meningkatkan produksi insulin atau zat serupa insulin. Hal ini menyebabkan pelepasan insulin yang berlebihan.

Baca Juga: Mudah Lelah dan Sering Lapar? Waspada Gejala Gula Darah Tinggi!

6. Kekurangan hormon

Kondisi seperti gangguan kelenjar adrenal dan tumor hipofisis bisa mengurangi produksi hormon yang mengatur glukosa atau metabolisme. Pada anak-anak, kekurangan hormon pertumbuhan juga bisa menyebabkan hipoglikemia.

Pencegahan hipoglikemia melibatkan identifikasi dan penanganan penyebab yang mendasarinya. Bagi mereka yang kekurangan nutrisi, penting untuk memastikan asupan diet yang seimbang dan mungkin suplementasi nutrisi sesuai kebutuhan.Pengelolaan diabetes harus dilakukan dengan pemantauan rutin dan penyesuaian dosis obat.

Pola makan yang teratur, dengan memperhatikan waktu dan komposisi makanan, dapat membantu stabilisasi kadar gula darah. Konsultasi dengan profesional kesehatan adalah kunci untuk pengelolaan yang efektif, terutama bagi individu dengan kondisi kesehatan yang mendasari.

Memahami berbagai penyebab hipoglikemia dapat membantu Anda dalam mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Dengan pengelolaan yang cermat, risiko hipoglikemia dapat diminimalisir. Dengan begitu, Anda dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat dan terkontrol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News