Santai

Dukung Perempuan dalam Berkarier, Ini Upaya Jobstreet Dorong Penerapan Fair Hiring

Dukung Perempuan dalam Berkarier, Ini Upaya Jobstreet Dorong Penerapan Fair Hiring

MOMSMONEY.ID - Sebagai perempuan, terkadang mendapatkan kesempatan atau peluang dalam karir jadi suatu tantangan lantaran persoalan gender. Melihat hal ini, Jobstreet by SEEK pun berupaya mendorong penerapan praktik rekrutmen yang adil (fair hiring) di platformnya.

Dengan cara ini, para pemberi kerja atau perusahaan yang tergabung dalam platform Jobstreet by SEEK menjunjung tinggi kesempatan kerja yang setara untuk semua individu, tanpa adanya diskriminasi, terutama jenis kelamin.

"Bila segalanya melakukan fair hiring, yang terjadi adalah adanya kesempatan yang sama, peluang yang sama. Jadi orang bisa mencapai posisi tertentu karena mendapatkan kesempatan yang sama, dinilai secara fair," ujar Sawitri, Country Marketing Manager Jobstreet by SEEK Indonesia, Selasa (30/4).

Salah satu upaya yang dilakukan Jobstreet adalah menghilangkan kolom gender dalam persyaratan atau deskripsi pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Sehingga, pelamar akan dilihat dari kualifikasi dan pengalamannya.

"Misalnya perusahaan mau cari kandidat, kan ada job description. Yang namanya gender sudah kita hapus. Kandidat yang melamar tidak perlu mencantumkan gendernya," ujar Sawitri.

Baca Juga: Sering Dialami Orang Dewasa, Begini Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

Menurut Sawitri saat menerapkan fair hiring, khususnya dalam kesetaraan gender, ini akan memberikan keuntungan kepada perusahaan dalam mendapatkan berbagai perspektif.

Sawitri juga mengatakan, supaya perempuan bisa mendapatkan peluang yang sama dalam karir pun maka harus ditunjukkan lewat kemampuan yang dimiliki. Ini pun bisa didapatkan lewat proses belajar yang tak berhenti.

Jobstreet by SEEK tidak hanya menyediakan platform untuk mencari kerja, tetapi juga menawarkan berbagai program dan sumber daya yang membantu perempuan mengembangkan karir mereka.

Salah satunya melalui fitur KarirKu menyediakan rangkaian video singkat yang memberikan pelatihan dan kelas seminar untuk membantu meningkatkan keahlian dalam berkarir. Selain itu, KarirKu menyediakan komunitas profesional yang memungkinkan untuk berdiskusi dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mencari kerja maupun pengembangan karir.

Bukan hanya itu, platform Jobstreet by Seek juga diperkuat dengan teknologi AI, sehingga Jobstreet dapat memberikan peluang kerja yang lebih sesuai dengan minat dan keahlian yang dicari para pencari kerja, serta menjembatani kesenjangan antara perusahaan dan pencari kerja perempuan di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Sawitri mengatakan Jobstreet by Seek sudah menerapkan fair hiring di perusahaannya. Menurutnya, hingga kini terdapat berbagai bidang yang dipimpin oleh perempuan di perusahaan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News