Bugar

Disebut Picu Asam Urat Tinggi, Inilah Daftar Sayuran Tinggi Purin

Disebut Picu Asam Urat Tinggi, Inilah Daftar Sayuran Tinggi Purin

MOMSMONEY.ID - Apa saja, sih, sayuran tinggi purin yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat ya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa purin menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Banyak makanan yang mengandung purin disebut mampu memicu naiknya asam urat, termasuk dalam sayuran.

Untuk itu, penderita asam urat tinggi menghindari sayuran tinggi purin. Dikutip dari Very Well Health dan Livestrong, inilah sayuran tinggi purin yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat:

1. Asparagus

Asparagus masuk dalam daftar sayuran dengan kandungan purin yang tinggi. Meski menyehatkan, asparagus sebaiknya dikonsumsi dengan moderat oleh mereka yang berusaha mengontrol kadar asam urat.

Baca Juga: Panduan Makan Sehat saat Lebaran, Yuk Terapkan!

2. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran lain yang sebaiknya dibatasi oleh orang dengan kadar asam urat tinggi. Meskipun kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya, kembang kol mengandung purin yang dapat meningkatkan risiko serangan gout.

3. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang dikenal kaya akan nutrisi, termasuk zat besi dan vitamin K. Namun, bayam juga mengandung purin dalam jumlah yang relatif tinggi. Bagi seseorang dengan asam urat atau gout, mengonsumsi bayam dalam jumlah besar mungkin bukan pilihan terbaik.

Baca Juga: 4 Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Ada Apa Saja!

Nah, itulah beberapa sayuran tinggi purin yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Tapi, apakah benar sayuran tinggi purin bisa sebabkan asam urat?

Beberapa studi bahkan menemukan bahwa asupan sayuran tinggi purin tidak memiliki efek yang signifikan dalam meningkatkan risiko serangan gout atau kadar asam urat dalam darah.

Salah satu alasan yang diusulkan adalah bahwa purin yang terdapat dalam sayuran mungkin berbeda dari purin yang ditemukan dalam daging dan makanan laut. Purin dalam sayuran dianggap lebih mudah diurai oleh tubuh dan kurang mungkin menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

Meskipun ada penelitian yang mengatakan demikian, respons seseorang terhadap sayuran tinggi purin dapat bervariasi. Itulah mengapa disarankan bagi penderita asam urat tinggi atau berisiko terkena gout untuk memantau reaksi tubuh mereka terhadap jenis makanan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News