Santai

Daun Tanaman Hias Indoor jadi Hitam? Ketahui Penyebab dan Solusinya

Daun Tanaman Hias Indoor jadi Hitam? Ketahui Penyebab dan Solusinya

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda mendapati daun tanaman hias indoor jadi hitam? Jika iya, tak perlu panik. Anda perlu mengetahui penyebab daun tanaman hias indoor jadi hitam. 

Ada beberapa penyebab daun tanaman hias indoor jadi hitam. Salah satu penyebabnya karena Anda menyirami terlalu banyak air. 

Selain itu, berikut ini penyebab daun tanaman hias indoor jadi hitam! 

1. Terendam air

Alasan lain di balik daun tanaman dalam ruangan menjadi hitam adalah karena penyiraman. Jika tanaman tidak mendapat cukup air, tanaman dapat mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan daun menjadi kering dan layu. 

Saat daun kehilangan kelembapan, warnanya bisa menjadi hitam atau coklat.

Baca Juga: Hobi Menanam Tanaman Hias Indoor? Yuk Simak 6 Kebiasaan Wajib Dilakukan

Solusinya : 

Untuk mencegah terendam air, periksa tingkat kelembapan tanah secara teratur. Sirami tanaman Anda secara menyeluruh saat bagian atas tanah terasa kering. 

Pastikan air mencapai akar dengan menyiram hingga keluar dari dasar pot. Namun berhati-hatilah untuk tidak membiarkan tanaman Anda terendam air karena dapat menyebabkan busuk akar.

2. Kurang kelembaban

pohon pisang

Tumbuhan secara alami mengalami transpirasi, yaitu proses hilangnya kelembapan melalui daunnya. Ketika udara sekitar kering dan kurang lembab, laju transpirasi meningkat.

Hal ini dapat menyebabkan tanaman kehilangan kelembapan lebih cepat daripada yang dapat diserapnya dari akar, sehingga menyebabkan stres air. Akibatnya daun menjadi layu, berubah warna menjadi coklat, dan akhirnya menghitam.

Solusi :

Untuk meningkatkan kelembapan, Anda dapat menyemprot daun tanaman secara teratur dengan air, meletakkan nampan berisi air di dekat tanaman untuk memungkinkan penguapan, atau menggunakan pelembab ruangan. 

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Indoor Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah

Mengelompokkan tanaman bersama-sama juga dapat menciptakan iklim mikro dengan kelembapan yang lebih tinggi di antara tanaman.

3. Kekurangan nutrisi

Alasan berikutnya di balik daun tanaman dalam ruangan menjadi hitam adalah kekurangan nutrisi. Ketika tanaman kekurangan nutrisi penting, tanaman kesulitan menjalankan proses metabolisme penting, yang dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk daun menghitam.

Zat besi sangat penting untuk produksi klorofil, dan kekurangannya dapat menyebabkan klorosis, yang menyebabkan daun menguning atau pucat. Dalam kasus yang parah, area klorotik dapat berubah menjadi menghitam, terutama di sepanjang urat daun.

Seng diperlukan untuk berbagai aktivitas enzimatik pada tanaman. Kekurangannya dapat menyebabkan klorosis interveinal, mirip dengan kekurangan mangan. Seiring waktu, area yang terkena bisa menjadi gelap dan timbul bintik-bintik nekrotik berwarna hitam atau coklat.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Indoor yang Hasilkan Bunga Langka dan Indah

Solusinya :

Gunakan pupuk seimbang yang diformulasikan khusus untuk tanaman dalam ruangan dan ikuti dosis yang dianjurkan. Jika Anda mencurigai adanya kekurangan unsur hara, pertimbangkan untuk menguji tanah untuk menentukan tingkat unsur hara dan melakukan penyesuaian yang tepat.

4. Terlalu banyak pupuk

Pupuk mengandung garam, yang jika diterapkan secara berlebihan, lama kelamaan dapat terakumulasi di dalam tanah. Peningkatan konsentrasi garam dapat menghambat kemampuan tanaman dalam menyerap air secara efektif. 

Hal ini menciptakan ketidakseimbangan air di dalam tanaman, menyebabkan kekurangan air dan selanjutnya daun menjadi hitam.

Pupuk biasanya merupakan sumber nutrisi terkonsentrasi. Jika diterapkan secara berlebihan, konsentrasi nutrisi yang tinggi dapat membakar sistem akar tanaman yang rapuh. 

Akar yang rusak tidak mampu menyerap air dan unsur hara dengan baik sehingga mengakibatkan daun menjadi hitam dan layu.

Solusinya : Siram tanaman secara menyeluruh untuk menghilangkan kelebihan garam. Buang semua daun yang rusak dan batasi pemupukan 2-3 kali per musim. Pertimbangkan untuk merepoting tanaman di tanah segar jika perlu.

5. Terbakar sinar matahari 

Seiring dengan teriknya sinar matahari, suhu tinggi dapat memperburuk efek sengatan matahari. Kombinasi cahaya yang intens dan panas dapat menyebabkan timbulnya area daun yang menghitam atau hangus.

Baca Juga: 15 Tanaman Hias Indoor untuk Rumah Minimalis, Tidak Perlu Banyak Ruang

Solusi :

Berikan naungan atau pindahkan tanaman ke lokasi yang lebih teduh. Jika Anda menyimpannya di dekat jendela yang menerima sinar matahari langsung, sebaiknya simpan di tempat yang teduh. 

Pastikan penyiraman cukup dan sesuaikan tanaman secara bertahap dengan peningkatan sinar matahari untuk mencegah sengatan matahari.

Nah itulah beberapa penyebab daun tanaman hias indoor jadi hitam. Solusi di atas dapat membantu Anda untuk mencegah daun tanaman hias indoor jadi hitam. 

Selanjutnya: Laba Dharma Polimetal (DRMA) Anjlok 38,2% pada Kuartal I 2024, Ini Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News