Keluarga

Daftar Teratas 5 Negara dengan Hari Libur Terbanyak di Dunia, Berapa Hari?

Daftar Teratas 5 Negara dengan Hari Libur Terbanyak di Dunia, Berapa Hari?

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda bertanya-tanya, negara manakah yang memiliki hari libur terbanyak di dunia?

Hari libur di berbagai negara sangat berbeda-beda. Ada banyak faktor yang menentukan banyaknya hari libur yang ada, mulai dari keberagaman budaya hingga agama.

Biasanya, semakin banyak ragam budaya & agama suatu negara, maka semakin banyak pula hari libur yang dirayakan. Belum lagi termasuk hari-hari libur lainnya seperti perayaan kemerdekaan negara tersebut hingga festival lainnya.

Berikut ini MomsMoney telah merangkum daftar teratas negara dengan hari libur terbanyak di dunia.

Baca Juga: 6 Jenis Kimbap yang Paling Digemari Masyarakat Korea, Ada Cheese Kimbap!

Nepal – 39 hari libur

Nepal berada di daftar puncak sebagai negara dengan hari libur terbanyak, yakni ada 39 hari libur nasional setiap tahunnya.

Dengan banyaknya keberagaman budaya & agama yang dimiliki negara ini, maka hari libur pun jadi meningkat, termasuk harihari besar Dashain, Tihar, dan Holi yang dirayakan di seluruh penjuru negeri.

hari libur terbanyak

Baca Juga: Urutan 8 Bahasa Tertua di Dunia yang Masih Sering Digunakan dan Dipelajari

Myanmar – 32 hari libur

Mengutip Best Diplomat, Myanmar jadi negara selanjutnya yang memiliki hari libur terbanyak, yakni sekitar 32 hari libur nasional setiap tahunnya.

Salah satu hari libur paling penting di negara ini adalah Festival Air Thingyan yang menandai Tahun Baru Tradisional. Ada pula Hari Kemerdekaan Myanmar atas pemerintahan kolonial Inggris pada 1948 lalu yang dijadikan sebagai hari libur.

Baca Juga: Daftar Menu Unik McDonald’s di Seluruh Dunia, dari Ayam Gulai-McLobster

Kamboja – 28 hari libur

Siapa sangka, negara tetangga Kamboja memiliki hari libur terbanyak dengan total 28 hari. Rata-rata hari libur diisi dengan banyak perayaan tradisional seperti hari besar keagmaan yang mengakar pada tradisi masyarakatnya.

Salah satu perayaan hari libur nasional di negara ini adalah Tahun Baru Khmer yang dikenal sebagai Chaul Chnam Thmey yang hadir tiap tanggal 13 / 14 April & berlangsung selama 3 hari penuh.

Hari libur lainnya ada Pchum Ben pada bulan September/Oktober yang didedikasikan untuk menghormati leluruh yang telah meninggal.

Baca Juga: Misteri Penyebab Keju Swiss ala Tom n Jerry Selalu Berlubang, Ternyata Karena Ini

Iran – 26 hari libur

Iran memiliki total 26 hari libur, mayorita karena adanya tradisi Islam. Hari libur di negara ini termasuk juga Nowruz (Tahun Baru Persia), Idul Fitri, dan Asyura Nowruz yang dirayakan pada hari musim semi yang menandai dimulainya tahun baru dalam kalender Persia, mengutip dari Fakaza News.

Rata-rata hari libur di Iran dikarenakan adanya keragaman budaya, sehingga banyak masyarakatnya yang bisa merayakan penuh tradisi turun temurun dengan khidmat tanpa gangguan kerjaan.

Sri Lanka – 25 hari libur

Sri Lanka adalah negara dengan hari libur terbanyak mencapai 25 hari libur nasional setiap tahunnya, termasuk campuran perayaan agama Hindu, Buddha, dan Kristen.

Baca Juga: Ada The Great Blue Hole, Inilah 7 Tempat Terindah di Dunia yang Bisa Dikunjungi

Salah satu hari libur paling penting di sini adalah Tahun Baru Sinhala yang dikenal sebagai Aluth Avurudda sebagai penanda awal tahun baru dalam kalender Sinhala, dikutip dari The Travel.

Ada pula Tahun Baru Buddha yang dikenal sebagai Waisak yang memperingati kelahiran, pencerahan, dan kematian Sang Buddha yang dijadikan sebagai hari libur penting di Sri Lanka.

Sri Lanka juga turut merayakan hari libur umat Kristiani, termasuk Natal & Paskah. Sebab umat Kristiani di negeri ini mencapai 7% dari populasi.

Itu dia daftar teratas negara dengan hari libur terbanyak di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News