Santai

Daftar Fitur Android 15 yang Siap Dirilis untuk Pengguna

Daftar Fitur Android 15 yang Siap Dirilis untuk Pengguna

MOMSMONEY.ID - Pengerjaan Android 15 tampaknya telah selesai. Google telah merilis kode sumbernya dan segera akan diluncurkan melalui pembaruan OTA ke semua ponsel pintar Android yang memenuhi syarat. Berikut ini daftar fitur Android 15 yang siap dirilis. 

Fitur Android 15 yang siap dirilis ini cocok untuk Anda pengguna Android agar penggunaannya semakin canggih.

Baca Juga: Rilis Bulan Depan, Ini Fitur Android 15 yang Punya Banyak Peningkatan

Nah, berikut ini fitur Android 15 yang siap dirilis :

1. Peningkatan Kinerja Kamera dalam Kondisi Cahaya Rendah

Low Light Boost secara otomatis mencerahkan aliran Pratinjau dalam kondisi redup, tidak seperti ekstensi kamera mode malam, yang menggabungkan beberapa bidikan menjadi satu gambar diam yang disempurnakan.

Meskipun mode malam sangat bagus untuk membuat satu foto berkualitas tinggi, mode ini tidak dapat mengalirkan bingkai secara terus-menerus. Namun, Low Light Boost dapat melakukannya. Fitur ini mengaktifkan fungsi kamera baru, seperti:

- Menawarkan pratinjau gambar yang lebih jelas, sehingga memudahkan pengguna untuk membingkai foto mereka dalam cahaya redup.

- Mengizinkan kode QR dipindai bahkan dalam kondisi pencahayaan redup.

2. Kontrol yang Lebih Baik Atas Intensitas Lampu Kilat Kamera

Android 15

Di Android 15, kini Anda dapat mengatur kecerahan lampu kilat kamera baik dalam mode TUNGGAL maupun OBOR, yang memberi Anda kontrol lebih terhadap pencahayaan pada gambar.

3. Simpan Pasangan Aplikasi Favorit untuk Penggunaan Layar Terpisah

engguna dapat dengan mudah menyimpan pengaturan aplikasi layar terbagi favorit mereka untuk akses cepat dan bahkan menyematkan bilah tugas di layar.

Sehingga, lebih mudah untuk beralih antar-aplikasi saat melakukan banyak tugas di layar yang lebih besar. Hal ini membuat aplikasi Anda harus adaptif terhadap fitur-fitur baru ini.

Android 15 akan meningkatkan kemampuan multitasking pada layar yang lebih besar untuk tablet dan perangkat yang dapat dilipat.

4. Pembayaran Sekali Ketuk dengan NFC

Android Os akan memungkinkan aplikasi memasuki mode observasi dan menyiapkan filter. Dengan kata lain, ini memungkinkan pengguna menyelesaikan pembayaran dengan satu ketukan di beberapa aplikasi berkemampuan NFC.

Baca Juga: 6 Fitur Android yang Tidak Dimiliki iOS 18, Apa Saja? Yuk, Simak

5. Perekaman Layar Sebagian

Kini Anda dapat merekam sebagian layar saja, bukan seluruh layar, sehingga meningkatkan privasi dan keamanan saat berbagi rekaman layar dengan orang lain.

6. Ruang Pribadi

Fitur "Ruang Pribadi" untuk menyembunyikan aplikasi sensitif di perangkat Anda. Fitur ini berfungsi seperti fitur folder rahasia yang sudah terpasang di ponsel Samsung Galaxy. Tempat untuk menyembunyikan aplikasi, media, dan file pribadi Anda.

7. Taskbar pada Ponsel Lipat

Ponsel lipat seperti tablet dan karenanya harus diperlakukan seperti tablet. Android 15 akan menghadirkan dukungan bilah tugas ke ponsel lipat yang dapat Anda sematkan di bagian bawah layar jika Anda mau.

Itu akan membantu meluncurkan aplikasi favorit dengan cepat dan juga beralih di antara aplikasi yang terbuka.

8. Prioritas untuk Notifikasi Sensitif

OTP dan pesan bank bersifat sensitif dan karenanya harus ditangani dengan cepat tetapi aman. Android 15 akan menambahkan fitur baru di mana pesan tersebut akan mendapat prioritas di panel notifikasi sekaligus mencegah aplikasi lain membacanya.

Baca Juga: 4 Fitur Android Berguna di Tempat Kerja, Aktifkan dan Jadi Lebih Produktif

9. Mode DND Mendapatkan Mode Baru

Mode prioritas baru akan ditambahkan dan Google mungkin akan mengganti nama menu mode DND dengan nama lain. Menu baru akan berisi beberapa opsi seperti mode prioritas, mode DND, AoD, mode skala abu-abu, dan beberapa pengaturan lainnya.

10. Kontrol Bluetooth yang Lebih Baik

Dengan mengeklik ubin Bluetooth, Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan koneksi Bluetooth individual menggunakan satu ubin. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan Bluetooth untuk headphone, TWS, kontroler, dan perangkat pintar lainnya tanpa membuka pengaturan.

Nah itulah beberapa daftar fitur Android 15 yang siap dirilis untuk pengguna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News