Santai

6 Fitur Android yang Tidak Dimiliki iOS 18, Apa Saja? Yuk, Simak

6 Fitur Android yang Tidak Dimiliki iOS 18, Apa Saja? Yuk, Simak

MOMSMONEY.ID - Banyak pengguna Android yang menyebut bahwa beberapa fitur iOS 18 telah dimiliki oleh Android. Namun, apa saja fitur Android yang tidak dimiliki iOS 18?

Ternyata ada beberapa fitur Andorid yang tidak dimiliki iOS 18. 

Mengutip Make Use Of, berikut ini fitur Android yang tidak dimiliki iOS 18.

1. Paket Ikon Kustom

iOS 18 memperkenalkan beberapa opsi penyesuaian Layar Beranda baru, termasuk kemampuan untuk menempatkan ikon aplikasi di mana pun Anda inginkan. 

Apple bahkan memungkinkan Anda mewarnai ikon Layar Utama. Meskipun ada penambahan ini, iOS 18 tidak memiliki dukungan untuk paket ikon khusus.

Penampakan iOS 18

Ini telah menjadi fitur penyesuaian utama di Android selama bertahun-tahun, memungkinkan Anda menyegarkan tampilan layar Utama dengan cepat dengan menerapkan paket ikon yang diunduh dari Play Store.

Memang benar, peluncur bawaan perangkat Android tidak mendukung paket ikon pihak ketiga. Anda masih dapat mengubah dan menyesuaikan ikon aplikasi di Android menggunakan metode lain.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Lari di Android dan iOS yang Banyak Digunakan di Tahun 2024

Ada juga cara untuk menyesuaikan Layar Beranda iPhone Anda dengan ikon aplikasi, meskipun prosesnya membosankan dan terbatas dibandingkan dengan yang ditawarkan Android.

2. Dukungan Multi-Pengguna

Apple menambahkan beberapa fitur privasi ke iOS 18, tetapi membuat profil pengguna atau tamu terpisah bukanlah salah satunya.

Kurangnya dukungan multi-pengguna bahkan lebih menjadi masalah di iPadOS 18, karena tablet umumnya dibagikan kepada beberapa anggota keluarga.

3. Multitasking Layar Terpisah

Terlepas dari semua peningkatan yang dibawa iOS 18, ia tidak memiliki multitasking layar terpisah, sebuah fitur yang dimiliki ponsel Android selama bertahun-tahun.

Ini tahun 2024, dan Anda masih tidak dapat menjalankan dua aplikasi secara berdampingan di iPhone saya, dan ini mengecewakan.

Meskipun multitasking layar terpisah lebih berguna pada ponsel dan tablet yang dapat dilipat, dalam beberapa kasus, multitasking juga berguna pada ponsel.

Anda bahkan dapat menjalankan aplikasi dalam mode berjendela di ponsel Samsung, yang dapat sangat bermanfaat bagi alur kerja Anda.

Baca Juga: 6 Fitur iOS 18 di iPhone Mirip Android, Apa Saja?

4. Kontrol Terperinci Atas Pemberitahuan

Sistem notifikasi iPhone berantakan, dan Apple tidak berbuat banyak selama bertahun-tahun untuk memperbaikinya.

Dengan Apple Intelligence di iOS 18, iPhone Anda akan secara otomatis merangkum dan memprioritaskan notifikasi penting. Namun, ini tidak menyelesaikan masalah notifikasi yang tidak diinginkan dari aplikasi.

5. Kemampuan untuk Mengubah Peta atau Peluncur Default

Saat ini, iOS hanya memungkinkan Anda mengubah browser default dan aplikasi email. Apple belum memperluas fungsinya ke jenis aplikasi lain sejak diperkenalkan di iOS 14. 

Akibatnya, pengguna iPhone dibatasi untuk menggunakan Apple Maps sebagai aplikasi navigasi default mereka.

Ini tidak seperti Android, di mana Anda dapat mengganti Google Maps dengan aplikasi pemetaan lain yang Anda unduh dari Play Store.

Sekali lagi, Android mengalahkan iOS di sini, karena Anda dapat mengunduh aplikasi peluncur pihak ketiga dari Play Store dan menetapkannya sebagai pilihan default Anda. 

Dengan menggunakan peluncur pihak ketiga, Anda dapat memberikan tampilan baru pada ponsel Android Anda hanya dalam beberapa ketukan dan benar-benar mengubah pengalaman menggunakannya.

Baca Juga: Intip 10 Fitur iOS 18 yang Menarik dan Terbaru, Semakin Canggih!

6. Instal Aplikasi dari Jarak Jauh di Perangkat Sekunder

App Store Apple menampung aplikasi berkualitas unggul, namun Google Play Store lebih fleksibel. 

IPhone tidak memiliki fitur seperti itu, dan iOS 18 tidak memperkenalkan perubahan apa pun yang berfokus pada App Store.

Bahkan jika Anda pengguna iPhone, Anda mungkin dapat mengetahui betapa bergunanya beberapa fitur tersebut.

Keunggulan ini menjadikan Android OS pilihan bagi pengguna tingkat lanjut yang menghargai penyesuaian dan personalisasi. Ini memberikan lebih banyak fleksibilitas daripada iOS.

Nah itulah beberapa fitur Android yang tidak dimiliki oleh iOS 18. 

Selanjutnya: BPK Diminta Audit Alokasi dan Penggunaan Dana Otonomi Khusus Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News