Keluarga

6 Cara Cepat Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Mengiris Cabe

6 Cara Cepat Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Mengiris Cabe

MOMSMONEY.ID - Saat mengiris cabe berkilo-kilo banyaknya, rasa panas akan mulai membakar tangan. Lantas, bagaimana cara cepat menghilangkan rasa panas tersebut?

Rasa panas di tangan saat mengiris cabe disebabkan oleh adanya zat kimia capcaisin. Rasa panas ini akan cukup sulit hilang, bergantung banyaknya zat capcaisin yang menempel di tangan.

Tapi tak perlu khawatir, MomsMoney menghadirkan deretan cara cepat untuk menghilangkan rasa panas di tangan karena mengiris cabe.

Mau tahu caranya? Simak artikel berikut ini, yang dirangkum dari Master Class, The Kitchn, dan Pepper Geek, selengkapnya.

Baca Juga: 6 Aturan Memasak Daging Babi yang Aman Tanpa Khawatir Parasit

Minyak

Minyak zaitun

Untuk menghilangkan rasa panas di tangan karena cabe, minyak sayur & minyak zaitun bisa jadi opsi baik yang bisa Anda pilih.

Caranya, campurkan minyak sayur dengan aloe vera gel dan minyak zaitun, kemudian gosok-gosokan ke tangan. Atau, Anda juga bisa melakukannya tanpa perlu aloe vera gel agar aman digunakan sebelum memotong cabe super pedas.

Pakai sabun cuci piring

Sabun cuci piring difomulasikan untuk menghilangkan lemak dan minyak dari peralatan makan. hebatnya, sabun ini dapat menghilangkan rasa panas di tangan karena cabe, loh.

Baca Juga: Daftar 8 Makanan Paling Asam di Dunia, Bikin Mulut Langsung Mengerut!

Apabila tangan terlanjur terasa panas, Peppergeek menyarankan untuk segera cuci tangan dan gosokkan sabun pencuci piring ke kedua tangan anda. Jangan lupa bilas dengan air dingin.

Ulangi tahapan ini selama beberapa kali jika rasa panas pada tanganmu tak kunjung mereda. Sebab, semakin parah luka bakar akibat cabe, semakin banyak pula sabun yang Anda gunakan untuk hilangkan zat capcaisin tersebut.

Rendam dalam susu

Cara Cepat Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Mengiris Cabe

Susu merupakan solusi terbaik untuk menghilangkan rasa panas di mulut karena makanan pedas. Tapi jangan salah, susu juga sangat efektif mengobati kulit yang terbakar akibat mengiris cabe.

Lemak dalam susu membantu memecah minyak dalam cabe dan memberikan bantuan pereda, meski sifatnya hanya sementara

Gunakan susu full cream dingin untuk mendapatkan efek terbaik. Jangan ragu untuk merendam tanganmu selama mungkin. Sebab, susu tidak akan menyebabkan kerusakan apa pun pada kulit.

Saat susu sudah tak lagi dingin, efeknya akan hilang dan luka bakar akan muncul kembali. Solusinya, tambahkan beberapa es batu ke dalam susu.

Baca Juga: 6 Tips Masak Brilian yang Ampuh Tapi Jarang Terpikirkan, Bikin Penasaran

Oles gel lidah buaya

Gel Lidah Buaya

Sama seperti luka bakar akibat sinar matahari, mengoleskan gel lidah buaya pada tangan Anda akibat rasa panas setelah mengiris cabe bisa jadi salah satu pilihan yang patut dicoba.

Lidah buaya membantu meningkatkan sirkulasi darah & meredakan luka bakar akibat cabe pada kulit untuk sementara waktu.

Alkohol

Tahukah Anda, yatanya capcaisin yang terkandung dalam setiap cabe lebih mudah larut dalam alkohol jika dibandingkan dengan air?

Ini membuat tangan tak lagi terasa panas jika Anda merendamnya ke dalam alkohol, terutama jika alkohol tersebut punya kadar yang cukup tinggi.

Baca Juga: 7 Cara Mengolah Jengkol Supaya Empuk, Tidak Bau, dan Tak Terlalu Pahit

Yogurt

Sama seperti susu, yogurt, terutama yogurt dingin, lebih mudah melarutkan lemak dalam cabe dibandingkan dalam air.

Merendam tangan yang terasa panas karena cabe akan membuat rasa panas tersebut sedikit demi sedikit mereda.

Itulah berbagai cara yang wajib Anda coba jika ingin menghilangkan rasa panas di tangan karena mengiris cabe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News