Bugar

Cocok Dilakukan Setelah Lebaran, Begini Cara Membakar Lemak Tubuh yang Efektif!

Cocok Dilakukan Setelah Lebaran, Begini Cara Membakar Lemak Tubuh yang Efektif!

MOMSMONEY.ID - Lemak menumpuk di tubuh? Hempas dengan cara membakar lemak tubuh yang efektif berikut ini!

Lebaran sering kali menjadi momen di mana kita cenderung melupakan rutinitas olahraga dan mengonsumsi makanan yang lebih banyak dari biasanya. Ketika perayaan berakhir, tidak jarang kita menemukan diri kita dengan penambahan lemak tubuh yang tidak diinginkan.

Untuk mengatasi hal ini, berikut beberapa cara membakar lemak tubuh yang efektif yang dapat Anda lakukan setelah Lebaran, menyadur dari Hello Sehat:

1. Lakukan Intermittent Fasting

Intermittent fasting, yang melibatkan siklus antara periode puasa dan makan, terbukti dapat mengurangi berat badan dan lemak tubuh secara signifikan, seperti yang ditemukan dalam sebuah studi oleh Nutrition Reviews.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong, Bikin Kulit Bersih!

2. Olahraga Angkat Beban

Latihan kekuatan, seperti angkat beban, terbukti sangat efektif dalam membakar lemak karena dapat meningkatkan pembakaran kalori bahkan setelah aktivitas selesai, berbeda dengan olahraga aerobik yang hanya membakar lemak selama aktivitas dilakukan.

Mengombinasikan latihan kekuatan dengan aerobik bisa meningkatkan signifikansi pengurangan lemak perut, seperti diungkapkan dalam sebuah studi oleh International Journal of Obesity.

3. Cukupi Kebutuhan Tidur

Memenuhi kebutuhan tidur sangat penting dalam mengatur pembakaran lemak tubuh. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas dan mengurangi efektivitas diet rendah kalori dalam membakar lemak, sebagaimana dijelaskan dalam jurnal Sleep Medicine dan Sleep.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Berat Badan Sebelum Tidur, Salah Satunya Minum Teh

4. Konsumsi Banyak Serat

Makanan tinggi serat, terutama serat larut, bisa memperlambat pencernaan dan menyerap nutrisi, membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi kecenderungan makan berlebih. Makanan tinggi serat termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

5. Tingkatkan Konsumsi Protein

Meningkatkan asupan protein dapat efektif dalam membakar lemak tubuh karena protein dapat menekan nafsu makan dan mengurangi asupan kalori harian. Protein juga membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna, yang meningkatkan pembakaran lemak tubuh.

Baca Juga: Timbangan Naik saat Lebaran? Lakukan Olahraga Penurun Berat Badan Ini yuk

6. Hindari Minuman Manis

Mengganti minuman manis dengan pilihan yang lebih sehat, seperti air putih atau teh tanpa gula, dapat membantu mengurangi asupan kalori yang tidak perlu dan mendukung pembakaran lemak. Teh kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme.

7. Konsumsi Probiotik

Probiotik membantu dalam banyak fungsi tubuh termasuk pembakaran lemak. Penelitian dalam jurnal Obesity menemukan bahwa suplemen probiotik dapat meningkatkan pengurangan massa lemak. Probiotik juga dapat diperoleh dari makanan seperti yogurt, tempe, dan kefir.

Baca Juga: Tips Biar Berat Badan Tidak Naik Saat Lebaran, Apa Saja?

8. Minum Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, dapat merangsang metabolisme dan meningkatkan pemecahan lemak, terutama selama aktivitas fisik, seperti yang dilaporkan dalam jurnal Nutrients.

Nah, itulah cara membakar lemak tubuh yang efektif yang dapat Anda coba. Selain membuat badan jadi lebih sehat, ini juga dapat mendukung penampilan menjadi lebih menawan. Yuk, hempas lemak tubuh setelah Lebaran dengan cara di atas mulai hari ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News