Bugar

Ciri Gula Darah Tinggi pada Wanita, Salah Satunya Mudah Lelah

Ciri Gula Darah Tinggi pada Wanita, Salah Satunya Mudah Lelah

MOMSMONEY.ID - Apa saja ciri gula darah tinggi pada wanita? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan kondisi yang sering dihubungkan dengan diabetes. Meskipun gejalanya bisa serupa antara pria dan wanita, ada beberapa ciri khas yang mungkin lebih sering dirasakan oleh wanita.

Pengenalan dini gejala dapat membantu dalam pengelolaan dan pencegahan komplikasi yang terkait dengan kondisi ini. Melansir dari Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa ciri gula darah tinggi pada wanita:

1. Mudah lelah

Kelelahan adalah salah satu gejala paling umum dari gula darah tinggi. Wanita dengan gula darah tinggi mungkin merasa lelah walaupun sudah cukup istirahat.

Ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dalam darah secara efektif untuk energi, menyebabkan kelelahan kronis.

Baca Juga: 4 Cara Menurunkan Gula Darah dengan Cepat, Cek Selengkapnya!

2. Infeksi ragi yang berulang

Gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, membuat wanita lebih rentan terhadap infeksi ragi.

Glukosa yang berlebihan dalam darah dan urine menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan ragi. Kondisi ini seringkali menyebabkan infeksi ragi yang berulang.

3. Rasa haus yang berlebihan dan sering buang air kecil

Hiperglikemia dapat menyebabkan dehidrasi, yang memicu rasa haus yang konstan. Sebagai respons, wanita mungkin menemukan diri mereka minum lebih banyak cairan dari biasanya, yang juga menyebabkan sering buang air kecil.

Ini adalah siklus yang berkelanjutan yang disebabkan oleh upaya tubuh untuk menyingkirkan kelebihan gula melalui urine.

4. Penglihatan kabur

Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan perubahan cairan dalam tubuh, termasuk cairan di mata, yang dapat mengakibatkan penglihatan kabur. Perubahan ini biasanya sementara dan dapat membaik dengan pengelolaan gula darah.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Pasti Turun Dengan Konsumsi Minuman Ini, Apa Saja?

5. Luka yang lama sembuh

Hiperglikemia dapat memperlambat proses penyembuhan karena pengaruhnya terhadap aliran darah dan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Wanita mungkin memperhatikan bahwa luka kecil atau lecet membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari biasanya.

6. Kulit kering dan gatal

Kulit yang kering dan gatal juga bisa menjadi tanda gula darah tinggi. Dehidrasi yang disebabkan oleh sering buang air kecil dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya, menyebabkan kekeringan dan gatal.

Baca Juga: Inilah Daftar Makanan Penurun Gula Darah untuk Penderita Diabetes, Cek Sekarang

7. Berat badan turun tanpa penjelasan

Meskipun mungkin tampak kontradiktif, penurunan berat badan yang tidak dijelaskan bisa menjadi tanda gula darah tinggi. Kehilangan berat badan terjadi ketika tubuh tidak dapat mendapatkan energi dari glukosa dan mulai membakar lemak dan otot untuk energi.

Nah, itulah beberapa ciri gula darah tinggi pada wanita. Penting untuk wanita yang mengalami satu atau lebih gejala ini untuk berkonsultasi dengan dokter. Pengelolaan awal dan efektif dari gula darah tinggi dapat mencegah atau mengurangi risiko komplikasi serius.

Gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang, olahraga teratur, dan pemantauan gula darah, dapat membantu dalam mengelola kadar gula darah dan mempertahankan kualitas hidup yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News