Bugar

Cek Daftarnya! Inilah Obat Tradisional untuk Asam Urat yang Bisa Anda Coba

Cek Daftarnya! Inilah Obat Tradisional untuk Asam Urat yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Penyakit asam urat ditandai dengan tingginya kadar asam urat dalam darah yang dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan pada sendi. Meski banyak obat medis yang bisa digunakan, obat tradisional untuk asam urat masih menjadi pilihan bagi sebagian orang karena keamanan dan keterjangkauannya.

Momsmoney telah merangkumkan sejumlah obat tradisional untuk asam urat sebagai berikut, melansir dari laman Healthline:

1. Ceri dan Jus Ceri Tart

Ceri, dalam berbagai bentuk seperti asam, manis, merah, hitam, ekstrak, jus, atau segar, diakui sebagai obat tradisional yang efektif.

Berdasarkan survei tahun 2016 dan beberapa studi pada tahun 2012, ceri dapat membantu mencegah serangan asam urat. Konsumsi tiga porsi ceri selama dua hari dikatakan sebagai metode yang efektif.

Baca Juga: Kerap jadi Lalapan, Intip Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan!

2. Magnesium

Magnesium diklaim mengobati asam urat. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang menguatkan bahwa kekurangan magnesium memperburuk kondisi inflamasi kronis, penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup dapat menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko penyakit ini pada pria.

Mengonsumsi makanan yang kaya magnesium atau suplemen bisa membantu mengurangi risiko serangan asam urat jangka panjang.

3. Jahe

Jahe dikenal dapat meredakan kondisi inflamasi dan mengatasi asam urat. Studi menunjukkan bahwa penggunaan jahe, baik topikal maupun internal, dapat mengurangi kadar asam urat dan meredakan nyeri. Anda bisa membuat kompres atau pasta dari jahe atau meminumnya sebagai teh.

Baca Juga: Begini Cara Mengobati Asam Urat di Jari Tangan Anda, Praktikkan ya

4. Campuran Cuka Sari Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Campuran ini sering direkomendasikan untuk asam urat meskipun kurang dukungan penelitian. Campur jus lemon, kunyit, dan cuka sari apel dengan air hangat dan konsumsi beberapa kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Seledri atau Biji Seledri

Seledri digunakan secara tradisional untuk kondisi terkait urin dan inflamasi. Konsumsi batang seledri, jus, atau ekstraknya dianggap dapat mengurangi inflamasi terkait asam urat.

Baca Juga: Olahraga untuk Asam Urat dan Tips untuk Melakukannya

6. Teh Jelatang

Jelatang dikenal sebagai obat herbal yang dapat mengurangi rasa sakit dan inflamasi. Meskipun belum ada penelitian yang langsung membuktikan efektivitasnya, penggunaan jelatang dalam bentuk teh dapat membantu.

7. Teh Dandelion

Dikenal untuk mendukung kesehatan hati dan ginjal, teh dandelion juga digunakan untuk menurunkan kadar asam urat.

Baca Juga: Daftar Tanaman Herbal untuk Diabetes, Ayo Cek di Sini!

8. Biji Milk Thistle

Herbal ini digunakan untuk mendukung kesehatan hati dan dikenal dapat menurunkan asam urat dalam kondisi tertentu, menurut beberapa studi.

9. Hibiscus

Hibiscus yang digunakan sebagai makanan, teh, dan obat, mungkin berguna dalam menurunkan asam urat, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Nutrisi dan Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan!

Nah, itulah beberapa obat tradisional untuk asam urat yang bisa Anda coba. Meskipun obat tradisional ini bisa membantu mengurangi gejala asam urat, ia tidak menggantikan pengobatan medis.

Jika mengalami gejala asam urat yang cukup parah, Anda harus berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News