Keluarga

Cegah Penyakit Kronis, Simak 7 Manfaat Sayur Asem untuk Kesehatan Tubuh

Cegah Penyakit Kronis, Simak 7 Manfaat Sayur Asem untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 7 manfaat sayur asem untuk kesehatan tubuh di sini.

Sayur asem merupakan salah satu masakan khas Nusantara yang punya banyak penggemar. Bagaimana tidak? Rasanya yang segar dan nikmat terutama saat dikombinasikan dengan sambal mampu membuat lidah tidak mau berhenti bergoyang.

Selain cita rasanya yang memikat, sayur asem juga tergolong mudah dibuat dan bahan-bahan yang diperlukan pun tidak sulit untuk ditemukan.

Perpaduan asam jawa, sayuran, dan bawang-bawangan dalam sayur asem tidak hanya menghasilkan rasa yang lezat. Faktanya, bahan-bahan tersebut juga menyimpan manfaat kesehatan yang melimpah. Inilah mengapa sayur asem bisa jadi opsi makanan yang sehat tapi tetap enak dan murah.

Melansir KlikDokter, ada setidaknya 7 manfaat sayur asem untuk kesehatan yang harus Moms tahu. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Sunscreen untuk Remaja dengan Tepat, Jangan Salah Pilih!

1. Mencegah penyakit kronis

Manfaat sayur asem untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu mencegah penyakit kronis.

Asam jawa sebagai komponen utama dalam hidangan sayur asem telah digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak zaman dahulu. Asam jawa sering kali dimanfaatkan sebagai obat diare, konstipasi, demam, maupun tukak lambung.

Tak sekadar itu, asam jawa dalam hidangan sayur asem juga bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Ini berkat kandungan polifenol dalam asam jawa yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

2. Meningkatkan metabolisme

Manfaat sayur asem untuk kesehatan tubuh yang kedua yaitu meningkatkan metabolisme.

Sayur asem tidak akan lengkap jika tidak ditambahkan jagung. Sebagai salah satu sumber karbohidrat, jagung bisa menjadi alternatif nasi.

Dalam karbohidrat, ada kandungan glukosa yang merupakan bahan bakar utama bagi otak untuk bekerja. Karbohidrat juga diperlukan untuk mendukung metabolisme tubuh secara keseluruhan.

3. Menurunkan gula darah

Manfaat sayur asem untuk kesehatan tubuh yang ketiga yaitu menurunkan gula darah.

Ekstrak biji asam jawa yang ditemukan dalam sayur asem dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sementara itu, ekstrak kulit asam jawa mampu membantu memulihkan tubuh dari perlemakan hati.

Manfaat penurunan kadar gula darah juga bisa Anda dapatkan dari kacang panjang yang biasanya ada di dalam sayur asem. Kacang panjang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga cocok untuk para penderita diabetes atau orang-orang yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Menurunkan berat badan

Manfaat sayur asem untuk kesehatan tubuh yang keempat yaitu menurunkan berat badan.

Asam jawa pada sayur asem ternyata dapat membantu menurunkan berat badan lho, Moms. Mengutip Times of India, asam jawa sarat dengan flavonoid dan polifenol yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Di sisi lain, kandungan serat di dalam asam jawa mampu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan makanan tidak sehat.

Komponen lain dalam sayur asem yakin kacang panjang mengandung serat yang tinggi untuk membantu melancarkan BAB.

Baca Juga: 5 Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mencegahnya

5. Meningkatkan imun

Manfaat sayur asem untuk kesehatan tubuh yang kelima yaitu meningkatkan imun.

Salah satu bumbu dalam sayur asem adalah bawang putih. Selain dapat menyedapkan berbagai masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk meningkatkan sistem imun.

Mengonsumsi bawang putih diketahui dapat mengurangi gejala pilek atau kondisi tidak enak badan. Alhasil, jumlah hari sakit Anda pun akan berkurang secara signifikan.

6. Memperlambat proses penuaan kulit

Manfaat sayur asem untuk kesehatan tubuh yang keenam yaitu memperlambat proses penuaan kulit.

Kurang afdol rasanya jika sayur asem tidak dilengkapi dengan nangka muda. Nangka muda sendiri mengandung vitamin C yang tinggi antioksidan serta bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah nangka dapat memperlambat proses penuaan pada kulit. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang mendambakan kulit awet muda.

7. Mengurangi gejala alergi

Manfaat sayur asem untuk kesehatan tubuh yang terakhir yaitu mengurangi gejala alergi.

Selain bawang putih, bawang merah juga tidak luput dari hidangan sayur asem. Dalam bawang merah, ada kandungan flavonoid tumbuhan yang dinamakan quercetin.

Quercetin yang terdapat dalam bawang merah diketahui bisa mengurangi gejala pada mata dan hidung yang berhubungan dengan alergi musiman.

Bertindak sebagai antihistamin alami, quercetin mampu mengurangi reaksi peradangan dan pernapasan seperti pada asma, bronkitis, dan alergi musiman.

Demikian 7 manfaat sayur asem untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh Anda lewatkan.

Selanjutnya: 2 Cara Ganti Kartu ATM BRI yang Kadaluwarsa di Cabang Terdekat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News