Keluarga

5 Cara Memilih Sunscreen untuk Remaja dengan Tepat, Jangan Salah Pilih!

5 Cara Memilih Sunscreen untuk Remaja dengan Tepat, Jangan Salah Pilih!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 cara memilih sunscreen untuk remaja dengan tepat. Simak sampai akhir.

Selain orang dewasa, kulit remaja juga perlu dilindungi menggunakan sunscreen. Dengan sunscreen yang tepat, itu dapat melindungi kulit remaja dari efek berbahaya sinar UV termasuk UVA dan UVB yang bisa menyebabkan kanker kulit. 

Lalu, bagaimana cara memilih sunscreen untuk remaja? Selengkapnya, berikut 5 cara memilih sunscreen untuk remaja dengan tepat sebagaimana dilansir dari L’Oreal.

Baca Juga: 5 Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mencegahnya

1. Pastikan SPF sunscreen tepat

Cara memilih sunscreen untuk remaja yang pertama yaitu memastikan SPF sunscreen tepat.

SPF atau Sun Protection Factor merupakan indikator yang menunjukkan seberapa efektif sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UVB.

Sangat disarankan bagi remaja untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30, yang bisa memblokir sekitar 97% sinar UVB. Ini penting untuk mencegah kerusakan kulit jangka panjang sekaligus mengurangi risiko kanker kulit.

2. Perhatikan spektrum sunscreen

Cara memilih sunscreen untuk remaja yang kedua yaitu memerhatikan spektrum sunscreen.

Untuk remaja, pilihlah sunscreen yang menawarkan perlindungan spektrum luas atau broad-spectrum. Pasalnya, sunscreen berspektrum luas mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB.

Paparan sinar UVA dapat menyebabkan penuaan dini, sedangkan sinar UVB bisa menyebabkan sunburn. Kedua jenis sinar UV ini sama-sama dapat merusak kulit dan memicu kanker kulit jika tidak dilindungi dengan baik.

3. Pertimbangkan jenis kulit

Cara memilih sunscreen untuk remaja yang ketiga yaitu mempertimbangkan jenis kulit.

Remaja dengan jenis kulit berminyak atau rentan berjerawat harus memilih sunscreen yang non-comedogenic. Artinya, formula sunscreen tidak akan menyumbat pori-pori. Sementara itu, untuk remaja dengan kulit kering, pilihlah sunscreen yang mengandung pelembab untuk membantu menjaga kelembaban kulit.

Bagi remaja yang memiliki kulit sensitif, pilihlah produk sunscreen dengan formula hypoallergenic untuk mengurangi risiko iritasi.

Baca Juga: Mau Kulit Glowing Seperti Bintang Korea? Coba Rutin Pakai Skincare Ginseng

4. Cermati konsistensi sunscreen

Cara memilih sunscreen untuk remaja yang keempat yaitu mencermati konsistensi sunscreen.

Remaja cenderung akan lebih konsisten menggunakan sunscreen yang benar-benar nyaman dipakai. Oleh sebab itu, pilihlah sunscreen dengan tekstur yang ringan, tidak lengket, dan cepat menyerap agar tidak meninggalkan residu putih yang tidak menyenangkan.

Sunscreen dalam bentuk spray atau gel bisa menjadi pilihan yang baik untuk para remaja, karena terbilang praktis dan mudah diaplikasikan.

5. Utamakan sunscreen dengan formula water-resistant

Cara memilih sunscreen untuk remaja yang kelima yaitu utamakan sunscreen dengan formula water-resistant.

Bagi remaja yang aktif atau sering berolahraga, penting untuk memilih sunscreen dengan formula water-resistant alias tahan air. Sunscreen jenis ini mampu memberikan perlindungan pada kulit meski sedang berkeringat atau berenang.

Ingat, walaupun memiliki label water-resistant, namun sunscreen tetap perlu diaplikasikan ulang setiap dua jam sekali terutama setelah berkeringat atau berenang. 

Itulah 5 cara memilih sunscreen untuk remaja dengan tepat. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News