Keluarga

5 Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mencegahnya

5 Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mencegahnya

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 penyebab jerawat di dagu dan cara mencegahnya di sini.

Jerawat bisa muncul di mana saja, tidak terkecuali di dagu. Jerawat di dagu kerap dialami oleh banyak orang. Namun, tidak sedikit yang belum tahu penyebab sesungguhnya dari munculnya jerawat di dagu.

Sebelum mencari solusi yang tepat, pastikan Anda mengetahui apa saja penyebab munculnya jerawat di dagu.

Berikut MomsMoney bagikan informasi seputar 5 penyebab jerawat di dagu dan cara mencegahnya, dilansir dari L’Oreal.

1. Ketidakseimbangan hormon

Penyebab jerawat di dagu yang pertama yaitu ketidakseimbangan hormon.

Hormon bisa menjadi penyebab tersembunyi dari munculnya jerawat di dagu. Fluktuasi hormonal terutama penurunan estrogen dan progesteron dapat memicu produksi sebum berlebih. Adapun sebum berlebih bisa menyumbat pori-pori yang pada akhirnya menyebabkan munculnya jerawat di dagu.

Untuk mengatasi jerawat di dagu akibat ketidakseimbangan hormon, pembersihan wajah secara menyeluruh dan eksfoliasi bisa membantu mengelola minyak berlebih.

Pilihlah produk pembersih wajah yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid untuk membersihkan pori-pori dan eksfoliator yang menggunakan enzim alami atau alpha-hydroxy acids (AHA) untuk melarutkan sel kulit mati.

Baca Juga: Benarkah Jeruk Lemon untuk Asam Lambung itu Aman? Ini Cara Konsumsinya

2. Stres

Penyebab jerawat di dagu yang kedua yaitu stres.

Ternyata, tanda stres berlebih juga bisa muncul pada kulit Anda lho. Peningkatan hormon stres kortisol dapat memicu kelenjar sebasea untuk memproduksi minyak berlebih. Jika tidak di tangani dengan baik, minyak berlebih pada wajah bisa menyebabkan pertumbuhan jerawat di dagu.

Cara ampuh untuk menangkal datangnya jerawat di dagu akibat stres adalah dengan melakukan perawatan yang melembabkan dan meremajakan kulit. Carilah serum atau krim berbasis hyaluronic acid untuk meningkatkan hidrasi dan menjaga kesehatan kulit.

3. Pola makan tinggi gula

Penyebab jerawat di dagu yang ketiga yaitu pola makan tinggi gula.

Mengonsumsi makanan tinggi gula dan biji-bijian olahan dapat memicu respons insulin dalam tubuh. Insulin sendiri bermanfaat bagi tubuh untuk mencerna gula. Namun, tingkat insulin yang tinggi dapat memicu produksi minyak berlebih.

Selain itu, makanan tinggi gula juga dapat merangsang respons inflamasi dalam tubuh yang bisa menyebabkan kulit menjadi lebih rentan terhadap jerawat.

Alih-alih mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula, cobalah untuk memasukkan lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan sumber protein alami ke dalam menu makan Anda. Makanan seperti bayam, brokoli, dan salmon merupakan pilihan yang baik untuk membantu mencegah jerawat di dagu.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Korea Bertema Olahraga buat Tambah Semangat

4. Kebiasaan menyentuh wajah

Penyebab jerawat di dagu yang keempat yaitu kebiasaan menyentuh wajah.

Kendati terlihat tidak berbahaya, faktanya kebiasaan menyentuh wajah memiliki dampak yang merugikan. Perlu Anda tahu bahwa tangan rentan terpapar berbagai kotoran, bakteri, dan minyak. Tatkala Anda tanpa sadar menyentuh dagu, ketiga hal tersebut akan berpindah ke kulit dan berpotensi menyumbat pori-pori sekaligus menciptakan lingkungan yang sempurna untuk jerawat berkembang.

Selain tangan, barang-barang yang sering kontak dengan tangan seperti ponsel juga bisa menjadi sumber kontaminasi. Untuk mencegah jerawat di dagu, kembangkanlah kesadaran dan pastikan Anda sering mencuci tangan.

Pertimbangkan untuk menggunakan toner dengan kandungan yang mampu membersihkan dan mengencangkan pori-pori seperti witch hazel, tea tree oil, atau niacinamide.

5. Kuas makeup dan sarung bantal kotor

Penyebab jerawat di dagu yang kelima yaitu kuas makeup dan sarung bantal kotor.

Kuas makeup dan sarung bantal bisa menjadi sumber jerawat yang tidak Anda duga. Ini karena keduanya bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kotoran jika jarang dibersihkan.

Kuas makeup dapat menampung lebih banyak bakteri daripada yang Anda bayangkan. Partikel kotoran pada kuas makeup bisa menimbulkan jerawat termasuk di dagu jika masuk ke dalam pori-pori.

Sementara itu, sarung bantal dapat mengumpulkan minyak, sel kulit mati, dan bakteri dari kontak rutin dengan wajah Anda. Semua ini bisa dengan mudah menciptakan lingkungan yang ideal bagi jerawat untuk tumbuh.

Guna mencegah jerawat tumbuh subur di dagu, selalu ingat untuk membersihkan kuas makeup setidaknya sekali dalam seminggu dengan produk pembersih khusus kuas atau sabun yang lembut.

Cuci juga sarung bantal Anda secara rutin, setidaknya sekali dalam seminggu. Pertimbangkan untuk menggunakan sarung bantal dengan material sutra atau satin yang terbukti lebih lembut dan lebih sulit bagi bakteri untuk menempel.

Demikian 5 penyebab jerawat di dagu dan cara mencegahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News