Santai

Cara Merawat AC Mobil Agar Selalu Dingin

Cara Merawat AC Mobil Agar Selalu Dingin

MOMSMONEY.ID - Saat sedang berpergian tiba-tiba air conditioner (AC) tidak dingin yang membuat Anda menjadi tidak nyaman berkendara. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, ada berbagai cara untuk mengatasi AC kendaraan tetap dingin lho.

Roojai, penyedia asuransi online di Indonesia yang berizin resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan beberapa cara untuk mengatasi masalah AC mobil yang tidak dingin.

Jika AC mobil mulai terasa tidak dingin, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara untuk membantu agar AC mobil agar tetap dingin :  

1. Periksa dan isi ulang freon secara berkala

Salah satu langkah penting yang bisa dlakukan adalah memeriksa dan mengisi ulang freon secara berkala. Jika AC mobil terasa tidak dingin, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk memastikan kondisi freon dan mengisinya kembali jika diperlukan. Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah ada kebocoran pada sistem AC.

2. Rutin membersihkan kondensor AC

Rutin membersihkan kondensor AC dapat membantu menjaga kinerjanya agar tetap optimal. Kotoran yang menempel di kondensor dapat menghalangi aliran udara yang dibutuhkan untuk mendinginkan freon. Rutin membersihkan kondensor dapat memastikan aliran udara tetap lancar, sehingga AC bisa berfungsi baik meski cuaca sedang panas.

Baca Juga: 4 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

3. Cek kondisi kompresor AC

Memeriksa kondisi kompresor secara berkala juga penting dilakukan. Jika kompresor bermasalah, AC mobil tidak akan bisa mendinginkan kabin secara optimal.

Pastikan kompresor dalam kondisi baik, dan segera perbaiki jika ditemukan kerusakan. Langkah ini dapat membantu menjaga kinerja AC agar tetap optimal.

4. Pastikan sistem kelistrikan dalam kondisi baik

Selain itu, pastikan juga bahwa sistem kelistrikan mobil dalam kondisi baik. Komponen seperti blower dan kompresor sangat bergantung pada kelistrikan yang stabil.

Dengan menjaga sistem kelistrikan tetap baik, maka dapat mencegah masalah yang mungkin timbul pada AC mobil.

5. Pentingnya asuransi untuk perlindungan kendaraan

Merawat AC mobil adalah salah satu bentuk perawatan rutin yang bisa dilakukan untuk menjaga kenyamanan berkendara, terutama saat cuaca panas. Selain perawatan, asuransi mobil juga penting dimiliki untuk menjaga kendaraan dari berbagai risiko tak terduga.

Memiliki asuransi mobil akan membuat pemilik kendaraan tidak perlu khawatir menghadapi biaya perbaikan yang mahal jika terjadi kerusakan. Sebab, biaya tersebut dialihkan kepada perusahaan asuransi. Dengan begitu, asuransi mobil akan membuat kendaraan lebih terawat, baik dari kerusakan kecil hingga besar. Jadi, selain merawat AC, pastikan kendaraan terlindungi dengan asuransi mobil.

Baca Juga: Resep Mochi Daifuku Cokelat Isi Buah Stroberi, Dimasak Cuma Pakai Teflon

Selanjutnya: Roche Indonesia Dorong Akses dan Kesadaran Penanganan Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News