Santai

3 Cara Merawat Kulit saat Cuaca Dingin biar Tidak Jadi Kering

3 Cara Merawat Kulit saat Cuaca Dingin biar Tidak Jadi Kering

MOMSMONEY.ID - Menghadapi cuaca dingin di beberapa wilayah di Indonesia, yuk, tetap menjaga dan merawat kesehatan kulit biar enggak kering dengan cara berikut ini.

Beberapa wilayah di Indonesia tengah dilanda cuaca dingin yang bisa menyebabkan tubuh menggigil dan kulit jadi kering.

Menjaga kelembapan kulit, terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering, pada cuaca dingin merupakan hal yang susah susah gampang untuk dilakukan.

Sebab, jika terlalu banyak menggunakan skincare akan membuat kulit terasa berminyak sedangkan jika kurang maka kelembapan kulit bisa jadi tidak akan terpenuhi.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat dicoba agar kelembapan kulit tetap terjaga bahkan  saat kondisi cuaca dingin.

Baca Juga: Apa Itu PHA pada Skincare? Cari Tahu Penjelasan dan Fungsinya di Sini

Humidifier

Kulit kering dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kelembapan udara, kebiasaan mandi, lingkungan, dan genetik. Humidifier atau yang dikenal dengan alat pelembap udara dapat digunakan untuk menciptakan dan menjaga kelembapan udara dalam ruangan.

Karena fungsinya sebagai pelembap udara maka humidifier dapat Anda gunakan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang lembap. 

Gunakan lip balm

Pada cuaca dingin, bibir memiliki kemungkinan risiko untuk menjadi mudah pecah-pecah. American Academy of Dermatology Association menyarankan untuk menggunakan lip balm yang nyaman bagi bibir Anda.

Jika terasa nyeri kecil saat Anda mengaplikasikan lip balm pada bibir Anda maka hentikan penggunaan lip balm tersebut.

Anda dapat memilih lip balm yang memiliki fungsi untuk melembabkan bibir Anda dengan kandungan seperti coconut oil, jojoba oil, petrolatum, dan shea butter. Hindari penggunaan lip balm yang mengandung parfum agar kulit Anda tidak mudah menjadi kering.

Baca Juga: Muncul di Area Mata, Kenali Apa Itu Milia dan Cara Mencegahnya Timbul

Gunakan produk skincare seminimal mungkin

Fokuslah pada penggunaan skincare yang memiliki fungsi untuk melembabkan dan menghidrasi kulit Anda. Gunakan obat cuci muka yang lembut dan tidak membuat kulit Anda makin kering setelah cuci muka.

Penggunaan toner, serum, dan pelembap yang memiliki kandungan seperti hyaluronic acid, ceramide, dan peptide dapat digunakan tepat setelah Anda mencuci muka.

Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar Matahari.

Nah, itulah tadi beberapa cara untuk merawat kondisi kulit agar tetap lembap meski saat cuaca dingin dan berangin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News