Santai

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android, Jaga Kerahasiaan dengan Mudah

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android, Jaga Kerahasiaan dengan Mudah

MOMSMONEY.ID - Menyembunyikan aplikasi di Android merupakan cara terbaik untuk meningkatkan perlindungan ponsel. Cara menyembunyikan aplikasi di Android. 

Anda bisa menyembunyikan aplikasi di Android tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan atau pihak ketiga. 

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara menyembunyikan aplikasi di Android dengan mudah. 

Baca Juga: Begini Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung, Mudah dan Cepat

Mengutip Make Use Of, berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di Android.

Cara menyembunyikan aplikasi di Samsung

1. Tekan lama pada area kosong di layar Utama perangkat Samsung Anda. Ketuk Pengaturan dari menu yang muncul di bagian bawah.

2. Gulir ke bawah dan pilih Sembunyikan aplikasi di layar Utama dan Aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

3. Ketuk Selesai untuk menerapkan perubahan.

HP Lipat Samsung di Galaxy Studio Ramaikan Hari Kemerdekaan dengan Penawaran Menarik

Anda sekarang akan melihat bahwa semua aplikasi yang Anda pilih telah hilang dari laci aplikasi ponsel Galaxy Anda.

Satu hal baik tentang penerapan Samsung adalah aplikasi tersembunyi tidak akan muncul meskipun Anda mencarinya dari laci aplikasi. Namun, aplikasi tersebut akan muncul di hasil pencarian aplikasi pencarian universal pihak ketiga lainnya dan di bawah Pengaturan > Aplikasi. 

Samsung tidak menawarkan laci aplikasi tersembunyi untuk menyediakan akses cepat ke aplikasi tersembunyi. Hal ini membuat mengaksesnya menjadi sebuah tugas. 

Anda selalu dapat menggunakan widget Pencarian Google atau aplikasi pencarian universal lainnya untuk mengatasi masalah ini. Ingatlah bahwa ada beberapa cara lain untuk menemukan aplikasi tersembunyi di Android. 

Baca Juga: Mudah, Simak 4 Cara Reset HP Android dan iPhone dengan Benar

Cara menyembunyikan dengan nonaktifkan aplikasi 

Di ponsel seperti Google Pixel 8, tidak ada opsi asli untuk menyembunyikan aplikasi. Anda selalu dapat menggunakan peluncur atau aplikasi pihak ketiga untuk mencapai hal ini.

Namun jika Anda merasa tidak nyaman menggunakannya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menonaktifkan aplikasi untuk menyembunyikannya dari laci aplikasi Anda.

Satu-satunya kendala adalah metode ini hanya berfungsi untuk aplikasi sistem yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel Anda. Anda tidak dapat menyembunyikan aplikasi yang Anda unduh dari Play Store menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka laci aplikasi di ponsel Android Anda dan gulir ke aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

2. Tekan lama ikon aplikasinya dan pilih Info aplikasi dari menu konteks. Alternatifnya, Anda dapat menavigasi ke Pengaturan > Aplikasi dan ketuk nama aplikasi dari daftar ini.

3. Ketuk Nonaktifkan dan konfirmasikan tindakan Anda dengan mengetuk Nonaktifkan aplikasi dari kotak dialog yang muncul.

Baca Juga: Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang Android biar Hemat Baterai

Ini akan menyembunyikan aplikasi dari laci aplikasi ponsel Android Anda. Kelemahannya adalah Anda tidak dapat menggunakan aplikasi ini kecuali Anda mengaktifkannya kembali.

Jika perangkat Android Anda memiliki bloatware bawaan yang tidak dapat dinonaktifkan, Anda dapat menyembunyikannya dari laci aplikasi agar terlihat lebih bersih. 

Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi perbankan, pengelola kata sandi, dan aplikasi lain yang berisi informasi sensitif untuk keamanan tambahan.

Anda harus selalu menyembunyikan aplikasi yang berisi data penting atau sensitif di ponsel Anda untuk mencegah siapa pun mendapatkan akses tidak sah ke aplikasi tersebut. 

Meskipun tidak mudah, penerapannya masih cukup baik untuk menghentikan teman atau anggota keluarga yang usil mengaksesnya dengan mudah tanpa pengetahuan teknis yang tepat.

Begitulah cara menyembunyikan aplikasi di Android. Anda bisa sembunyikan aplikasi yang sangat penting agar tidak digunakan oleh orang lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News