Santai

5 Cara Cek HP Android Diretas, Waspadai Tanda Antimainstream Ini

5 Cara Cek HP Android Diretas, Waspadai Tanda Antimainstream Ini

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda tanda hp diretas? Jika Anda menemukan beberapa masalah yang tidak biasa, Anda perlu waspada. Ada cara cek hp Android diretas.

Mengutip Make Use Of, ada beberapa cara cek hp Android diretas. Namun, Anda perlu mengetahui tanda antimainstream yang dialami.

Jika ponsel Android Anda lambat, menampilkan pop-up, atau macet, ponsel mungkin telah diretas. Nah, berikut ini beberapa cara cek hp Android diretas. 

Baca Juga: Intip Cara Logout Telegram Web Langsung Lewat Laptop dan Aplikasi HP

1. Daya Tahan Baterai Buruk 

Meskipun Anda tidak melihat tanda-tanda jelas adanya aktivitas mencurigakan, sesuatu yang berbahaya masih bisa terjadi di balik layar. Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah ponsel Anda telah diretas adalah dengan memeriksa penggunaan baterai Anda.

Jika ponsel Anda panas tanpa alasan, mungkin ada sesuatu yang berjalan di latar belakang saat layar mati. Beberapa malware tercanggih masih dapat meninggalkan jejak di ponsel atau tablet Anda, jadi mulailah dengan memeriksa menu penggunaan baterai.

Jika baterai Anda terus-menerus lemah, dan Anda bertanya-tanya apakah ponsel Anda telah diretas, lakukan pemeriksaan di bawah ini.

Buka Pengaturan > Baterai > Penggunaan baterai dan cari aplikasi yang tidak dikenal atau sesuatu yang tidak biasa.

2. Periksa Pemasangan Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Tanda lain dari malware atau peretasan ponsel adalah jika Anda melihat aplikasi acak terpasang di ponsel Anda. Ini adalah aplikasi yang tidak Anda instal sendiri. Aplikasi atau situs berbahaya dapat memasang program di ponsel Anda dan mengirimkan informasi sensitif kembali ke pihak ketiga.

Terkadang, program ini tidak menghabiskan banyak masa pakai baterai, namun tetap dapat menyebabkan kerusakan dan menguras data Anda. Jika Anda menemukan program seperti itu, berikut cara menghilangkannya.

Navigasikan ke Pengaturan > Aplikasi > Semua aplikasi dan gulir daftar aplikasi di ponsel Anda. Temukan apa pun yang tidak Anda inginkan, ketuk, lalu pilih Copot pemasangan. 

ilustrasi youtube

Anda sebaiknya hanya mencopot pemasangan aplikasi yang terlihat mencurigakan dan Anda tahu itu tidak penting. 

Jika Anda mulai mencopot pemasangan sesuatu secara acak, Anda dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada manfaat dan merusak komponen penting ponsel Anda.

Ada banyak aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya oleh produsen atau operator ponsel dan tidak berbahaya. Pastikan Anda berhati-hati sehubungan dengan apa yang Anda hapus.

3. Penggunaan Data yang Luar Biasa Tinggi

Banyak orang yang memiliki paket data unlimited sehingga tidak melihat menu Penggunaan Data di pengaturan. 

Namun jika Android Anda bermasalah dan Anda ingin memeriksa apakah ponsel Anda diretas, ini adalah cara mudah lainnya untuk memeriksa masalahnya.

Baca Juga: Cara Download Status WhatsApp di Semua Perangkat, Ikuti Tips dan Trik Mudah Ini

Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk memeriksa penggunaan data ponsel Anda:

- Navigasi ke Pengaturan > Jaringan dan internet.

- Pilih SIM pilihan Anda.

- Gulir ke bawah sedikit dan ketuk Penggunaan data aplikasi.

YouTube, Spotify, dan layanan streaming lainnya biasanya menggunakan banyak data. Namun jika aplikasi lain menggunakan terlalu banyak, berarti ada yang tidak beres. 

Tidak ada aplikasi acak yang boleh menggunakan 5GB pada bulan tertentu, jadi carilah sesuatu yang tidak pada tempatnya di sini.

Jika Anda menemukan sesuatu yang tampak mencurigakan, hapus instalasinya setelah memastikannya tidak penting bagi perangkat Anda.

4. Perhatikan Pop Up dan Iklan Aneh

Pop-up hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, acak, dan dari semua jenis situs web. Kami telah belajar untuk mengatasinya, dan seringkali, mereka tidak lebih dari iklan yang menutupi konten.

Namun terkadang, pop-up bisa membuat Anda pusing dan menimbulkan masalah. Waspadai pop-up atau iklan aneh yang terlihat sangat persuasif, mengancam, atau umumnya mencurigakan. Anda tidak boleh mengkliknya.

Google melakukan beberapa perubahan dalam beberapa tahun terakhir untuk menghindari kejadian seperti ini terutama pada Google Chrome di Android, namun hal tersebut masih terjadi sesekali. Biasanya, ini akan membuat ponsel Anda bergetar saat pop-up muncul berulang kali. Terkadang, layar Anda bahkan berkedip.

Tapi itu sepenuhnya palsu; jangan ketuk tombol Hapus Virus Sekarang. Tutup seluruh browser web Anda dan reboot ponsel cerdas Anda.

5. Hardware dan Software Rusak

Indikator lain untuk memeriksa apakah ponsel Anda diretas, terutama di Android, adalah seringnya crash. Perangkat Android mungkin menunjukkan perilaku aneh seperti meluncurkan aplikasi secara spontan, lambat, atau mogok terus-menerus. 

Seringkali, masalah ini disebabkan oleh serangan malware. Berikut cara mengetahui apakah Android Anda diretas dan beberapa metode efektif untuk mengatasi masalah mogok tersebut:

Baca Juga: Mudah, Simak 4 Cara Reset HP Android dan iPhone dengan Benar

Pindai perangkat Anda menggunakan Play Protect: Pertama, coba pemindai Google Play Protect yang terpasang langsung di Play Store. 

Buka Google Play dan ketuk gambar profil Anda di bagian atas halaman. Lalu, buka Play Protect di tengah layar dan ketuk Pindai untuk mulai memindai ponsel dan aplikasi Anda.

Coba pemindai antivirus: Coba pemindai antivirus: Ada lusinan aplikasi pemindai antivirus di Google Play Store, namun kami menyarankan untuk tetap menggunakan merek dan nama tepercaya. 

Cari merek terkenal yang pernah Anda gunakan di komputer Anda, seperti Avast atau BitDefender. Alat-alat ini hebat dalam memindai masalah pada perangkat Anda dengan cepat dan mudah.

Perbarui ponsel Anda: Jika Anda masih menggunakan versi Android yang lebih lama, aplikasi mungkin mogok karena versi Android yang tidak didukung. Untuk mengatasinya, lihat cara memperbarui ponsel Android. 

Cara Memeriksa HP Diretas

- Tetap perbarui dan selalu instal pembaruan perangkat lunak terbaru.

- Hanya dapatkan aplikasi dari sumber tepercaya.

- Nonaktifkan atau hapus centang pada opsi Instal dari Sumber Tidak Dikenal di Pengaturan.

- Gunakan sidik jari, pemindaian wajah, kata sandi, atau PIN untuk keamanan layar kunci.

Nah itulah beberapa cara cek hp Android diretas. Waspadai hal-hal aneh yang terjadi di ponsel Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News