Santai

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang Android biar Hemat Baterai

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang Android biar Hemat Baterai

MOMSMONEY.ID - Berikut ini cara menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang Android biar hemat baterai. Tidak semua aplikasi di perangkat Android Anda harus berjalan di latar belakang.

Jika mengalami kelambatan atau pengurasan baterai yang berlebihan, Anda dapat menghemat sumber daya dengan mencegah aplikasi yang tidak diperlukan berjalan di latar belakang ponsel Anda.

Cara menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang Android dapat Anda simak di artikel ini. Menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang Android akan menghemat baterai ponsel. 

Baca Juga: Cara Download Mobile Legends Beta APK Android (Advance Server), Begini Langkahnya

Sebelum menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang Android, Anda perlu mengetahui cara cek aplikasi yang berjalan di latar belakang Android. 

Mengutip Make Use Of, menu Opsi Pengembang di Android menyediakan akses ke berbagai fitur berguna dan wawasan tentang fungsionalitas perangkat Anda. 

Opsi penting dalam menu ini adalah Running services, yang menyediakan daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang beserta penggunaan RAM terkait. Berikut cara mengaksesnya:

Ilustrasi HP

1. Buka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah, dan ketuk Tentang ponsel. 

2. Buka Informasi Perangkat Lunak dan ketuk nomor Pembuatan tujuh kali untuk mengaktifkan opsi Pengembang.

3. Masukkan PIN Anda (kode sandi perangkat), dan Anda akan melihat pesan Anda sekarang adalah pengembang. 

4. Kembali ke menu Pengaturan utama dan ketuk Opsi pengembang di bagian bawah.

5. Gulir ke bawah dan temukan Layanan berjalan. Ketuk ini untuk melihat daftar aplikasi dan layanan, beserta penggunaan memorinya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur AI Background di Instagram, Ubah Latar Belakang Foto Praktis

Anda juga dapat menavigasi ke menu penggunaan baterai di Android untuk mengetahui aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai.

Informasi ini dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat tentang aplikasi mana yang harus dihentikan untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android Anda. 

Untuk memeriksa penggunaan baterai aplikasi, buka menu Pengaturan dan buka Baterai. 

Aplikasi yang menggunakan baterai paling banyak akan muncul di bagian atas. Telusuri daftar untuk menemukan aplikasi yang tidak penting, lalu catat aplikasi tersebut untuk langkah selanjutnya.

Cara menghentikan aplikasi Android berjalan di latar belakang 

1. Paksa hentikan aplikasi

Jika Anda ingin aplikasi tertentu berhenti bekerja di latar belakang hingga Anda membukanya, Anda dapat menghentikannya secara paksa menggunakan langkah-langkah berikut:

- Buka menu Pengaturan dan buka Aplikasi.
- Gulir daftar, atau gunakan alat pencarian, untuk menemukan aplikasi yang ingin Anda hentikan dan ketuk aplikasi tersebut.
- Ketuk opsi Paksa berhenti.
- Tekan OK untuk mengonfirmasi

Perhatikan bahwa opsi ini tidak sempurna, karena beberapa aplikasi dapat memulai sendiri secara otomatis.

2. Batasi penggunaan baterai untuk aplikasi

Di Android, Anda dapat membatasi penggunaan baterai aplikasi tertentu, mencegahnya berjalan secara tidak perlu di latar belakang. Untuk membatasi penggunaan baterai suatu aplikasi di Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android untuk Pemula

- Buka aplikasi Pengaturan dan gulir ke bawah untuk memilih Aplikasi.
- Cari dan pilih aplikasi yang tidak ingin Anda jalankan di latar belakang.
- Gulir ke bawah dan ketuk opsi Baterai di bawah bagian Penggunaan.
- Pilih opsi Dibatasi

Seperti disebutkan dalam menu ini, membatasi aplikasi dapat menyebabkan notifikasi tidak muncul. Berhati-hatilah untuk hanya menggunakan ini untuk aplikasi yang tidak mengirimi Anda informasi sensitif terhadap waktu.

3. Aktifkan fitur Baterai Adaptif

Fitur Baterai Adaptif di Android menggunakan DeepMind AI Google untuk memahami pola penggunaan Anda dari waktu ke waktu dan membatasi aktivitas latar belakang untuk aplikasi yang jarang Anda gunakan. 

Opsi ini ideal jika Anda tidak ingin menghentikan paksa aplikasi secara manual sepanjang waktu atau mengonfigurasi pengaturan penggunaan baterai untuk setiap aplikasi satu per satu. Untuk mengaktifkannya:

- Buka aplikasi Pengaturan dan buka Baterai.
- Ketuk Batas penggunaan latar belakang.
- Ketuk menu tiga titik di pojok kanan atas dan pilih Baterai adaptif.
- Aktifkan sakelar untuk baterai Adaptif

Jika utilitas ini tidak cukup membantu Anda, Anda dapat mempertimbangkan aplikasi pihak ketiga seperti Greenify untuk menghibernasi aplikasi dan mencegahnya berjalan di latar belakang. 

Baca Juga: Yuk, Intip 7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Namun, perhatikan bahwa banyak dari aplikasi ini tidak lagi dalam pengembangan aktif, jadi sebaiknya gunakan opsi bawaan Android.

Meskipun mencegah aplikasi berjalan di latar belakang menawarkan manfaat tertentu, hal ini juga memiliki kerugian. Salah satu kelemahan utamanya adalah potensi dampak pada notifikasi real-time. 

Selain itu, aplikasi yang memerlukan sinkronisasi terus-menerus atau penyegaran konten mungkin tidak berfungsi secara efektif.

Nah, begitulah cara menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang Android. 

Selanjutnya: Harga Minyak Ditutup Menguat, Tersulut Ketegangan Geopolitik dan Data Ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News