Bugar

Menyehatkan Badan! Yuk Intip Nutrisi dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Menyehatkan Badan! Yuk Intip Nutrisi dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Anda pasti sudah tidak asing dengan buah jambu biji, bukan? Buah ini seringkali dikonsumsi sebagai jus yang menyegarkan. Tahukah bahwa ada sejumlah manfaat jambu biji untuk kesehatan yang luar biasa, lo.

Sayangnya tak banyak yang tahu tentang hal ini. Untuk itulah, Momsmoney akan menguraikan nutrisi dan manfaat jambu biji untuk kesehatan pada kesempatan kali ini. Yuk, simak selangkapnya.

Nutrisi jambu biji

Buah jambu biji merupakan makanan yang bergizi dan menyehatkan karena mengandung sejumlah nutrisi penting. Mengutip dari laman Medical News Today, berdasarkan data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, setiap 100 gram buah jambu biji mentah memiliki:

  • 68 kalori
  • 14,32 g karbohidrat
  • 8,92 g gula
  • 0,95 g lemak
  • 5,4 g serat makanan
  • 417 mg kalium
  • 228,3 mg vitamin C
  • 624 unit internasional vitamin A

Manfaat jambu biji untuk kesehatan

Lantas, apa saja manfaat jamu biji untuk kesehatan? Mengutip dari laman Healthline, inilah beberapa manfaatnya:

1. Menurunkan kadar gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jambu biji dapat membantu mengontrol gula darah. Dalam sebuah studi, minum teh daun jambu biji setelah makan membantu menurunkan kadar gula darah hingga 10%.

Baca Juga: Apakah Pepaya Bagus untuk Diet? Cek Juga Buah Terbaik untuk Diet Lainnya

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung melalui beberapa cara. Antioksidan dan vitamin dalam daun jambu biji dapat melindungi jantung dari kerusakan radikal bebas.

Kandungan kalium dan serat larut juga berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung. Ekstrak daun jambu biji juga dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol LDL, dan meningkatkan kolesterol HDL.

3. Meredakan gejala menstruasi

Bagi wanita yang mengalami dismenore, ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri menstruasi. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari secara signifikan mengurangi nyeri kram dibandingkan beberapa obat penghilang rasa sakit.

Baca Juga: Sedang Diet Karbo? Hati-hati dan Hindari Makanan Berikut Ini Biar Tidak Gagal!

4. Meningkatkan sistem pencernaan

Jambu biji kaya akan serat, yang membantu menjaga pencernaan tetap sehat dan mencegah sembelit. Selain itu, ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare, dan memiliki sifat antimikroba yang dapat menetralkan mikroba berbahaya di usus.

5. Membantu menurunkan berat badan

Jambu biji adalah makanan rendah kalori yang kaya serat, menjadikannya camilan sehat yang membuat kenyang. Selain itu, jambu biji juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

6. Memiliki efek antikanker

Ekstrak daun jambu biji memiliki efek antikanker. Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak ini dapat mencegah dan menghentikan pertumbuhan sel kanker, berkat tingginya tingkat antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan oleh radikal bebas.

Baca Juga: Daftar Makanan Diet Karbo untuk Menurunkan Berat Badan, Konsumsi yuk

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jambu biji adalah sumber vitamin C yang kaya. Rendahnya tingkat vitamin C berhubungan dengan risiko infeksi yang lebih tinggi, sehingga mengonsumsi jambu biji dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi durasi pilek.

8. Baik untuk kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin dalam jambu biji dapat melindungi kulit dari kerusakan, memperlambat penuaan, dan membantu mencegah keriput. Ekstrak daun jambu biji juga dapat membantu mengobati jerawat karena sifat antimikrobanya.

Nah, demikianlah pembahasan terkait nutrisi dan manfaat jambu biji untuk kesehatan. Tertarik untuk menjadikannya buah favorit dalam keseharian Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News