MOMSMONEY.ID - SEO TikTok jadi poin penting untuk memperluas jangkauan konten video Anda. Layaknya pengoptimalan situs web, Anda bisa memakai kata kunci dan analitik yang tepat.
Data Google menunjukkan bahwa 40% demografi anak muda menggunakan TikTok untuk pencarian konten viral. SEO TikTok akan membuat peringkat konten Anda naik, sehingga video tersebut lebih mudah muncul di akun banyak orang.
Latifah Nguyen, seorang pengamat media sosial dari Litcommerce.com memaparkan, SEO TikTok meliputi penggunaan kata kunci dalam video dan teks, tagar, interaksi pengguna jadi langkah terbaik untuk mengoptimalkan SEO TikTok.
Baca Juga: Cara Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook dari Orang Lain, Ikuti Panduannya
Yuk, simak penjelasan detail mengenai cara menjangkau lebih banyak audiens dengan SEO TikTok berikut ini
Jadi, mengapa SEO tiktok itu penting?
SEO penting karena TikTok juga berperan sebagai mesin pencari. Tak heran jika saat ini TikTok jadi platform media sosial yang bisa menyaingi kekuatan Google.
Faktanya, audiens lebih suka dengan konten visual untuk kueri yang berbentuk video pendek seperti konten TikTok. Jika Anda berjualan di TikTok shop, SEO TikTok juga jadi hal penting karena mempengaruhi peringkat video promosi serta produk di tab belanja dan bilah pencarian.
Cara memanfaatkan SEO TikTok
Berbeda dengan SEO di platform terlaris lainnya, SE TikTok melibatkan penyempurnaan video TikTok agar muncul di bagian atas hasil pencarian aplikasi. Menerapkan strategi SEO TikTok membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas.
Berikut beberapa kiat awal untuk memulai SEO TikTOk:
1. Mulailah dengan audiens
Mengenal audiens membantu Anda mendapatkan wawasan tentang target audiens. Memahami preferensi dan minat membantu Anda dalam menghasilkan ide konten yang sesuai dengan minat audiens.
Anda bisa mulai dengan menganalisis video yang sering ditonton, tagar yang sering digunakan, dan memperhatikan komentar serta pesan dari audiens.
Selain itu, hal ini juga membantu Anda saat membuat judul dan deskripsi video yang lebih efektif. Sehingga, bisa meningkatkan visibilitas dalam pencarian TikTok.
2. Lakukan riset kata kunci
Melakukan riset kata kunci adalah praktik mendasar dalam SEO. Untuk melibatkan audiens, Anda harus menemukan kata dan frasa yang mereka gunakan saat mencari konten.
Jelajahi berbagai cara untuk mengekspresikan topik dan kata kunci terkait. Hal ini bisa dilakukan menggunakan alat seperti Google Ads Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, dan lainnya.
Perlu dicatat bahwa tools ini mengumpulkan data dari Google, bukan TikTok. Anda bisa membuka kolom pencarian dan memasukkan kata kunci yang diperoleh dari riset tersebut.
TikTok akan secara otomatis memberikan daftar kata kunci terpopuler yang terkait dengan kueri Anda. Kemudian, Anda bisa memeriksa saran-saran ini dan memilih kata kunci yang sesuai dengan konten.
Jika Anda mencari ide kata kunci tambahan, coba masukkan kata kunci Anda dengan satu huruf. Misalnya, jika Anda mencari kata kunci "lipstik", maka ncari istilah terkait lainnya seperti menambahkan huruf: "lipstik a…”, atau "lipstik b…”.
TikTok akan menampilkan daftar kata kunci terkait yang dimulai dengan kueri dan huruf yang dimasukkan.
3. Buat konten berkualitas
Langkah selanjutnya adalah membuat video TikTok berkualitas dan mempertahankan jadwal pembuatan konten yang konsisten. TikTok menyarankan untuk mempublikasikan video 1-4 kali sehari.
Untuk membuat konten TikTok yang dioptimalkan SEO dan sesuai dengan audiens, Anda harus membuat konten dengan durasi sekitar 30 detik, memakai suara dan meme yang sedang tren ke dalam konten, identifikasi subkultur yang selaras dengan konten dan merek serta mengunggah video dengan kualitas HD.
4. Sematkan kata kunci pada konten
Saat membuat video, Anda bisa menyisipkan teks ke layar untuk meningkatkan optimasi mesin pencari TikTok. TikTok akan memindai teks ini dan menggunakannya untuk menentukan pengguna mana yang akan melihat konten berdasarkan kata kunci yang disertakan.
Metode ini dinilai bisa membuat konten Anda mendapatkan lebih banyak penayangan di TikTok. TikTok menyarankan untuk memasukkan kata kunci utama di 1-5 detik pertama video Anda.
Selanjutnya, Anda tidak boleh mengabaikan caption 500 karakter. Tambahkan kata kunci TikTok yang sesuai dengan apa yang dicari audiens di dalam caption Anda.
5. Gunakan hashtag yang tepat
Tagar atau hastag sangat penting untuk SEO TikTok karena membantu menemukan video dengan mudah. Hastag yang spesifik membantu menargetkan demografi tertentu dengan minat tertentu.
TikTok menyarankan untuk memasukkan 3-6 tagar di dalam caption konten. Untuk optimasi, Anda harus menggunakan hastag yang sedang tren dan memasukkan kata kunci sebagai hastag.
Anda juga bisa memanfaatkan TikTok creative center untuk menemukan hastag yang tepat. Tools ini akan membantu konten kreator untuk menjelajahi kata kunci populer yang spesifik untuk berbagai sektor.
6. Pantau tiktok analitik
Pantau kemajuan konten dengan memanfaatkan fitur analitik yang disediakan oleh TikTok. Pendekatan ini berfungsi untuk menilai hasil dari strategi SEO TikTok.
Metode ini juga menawarkan wawasan berharga tentang performa video, tingkat interaksi yang dihasilkan, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa mengevaluasi konten, topik hingga kata kunci yang relevan dengan audiens.
Baca Juga: Meta Luncurkan Fitur Dubbing AI untuk Instagram & Facebook, Bakal Hadir di Reels
Untuk mengakses fitur analitik di TikTok, Anda bisa membuka profil, pilih ikon tiga titik dan klik menu “analitik”. Itu dia panduan yang meringkas tentang cara menjangkau lebih banyak audiens dengan SEO TikTok.
Selanjutnya: Eksperimen Berbahaya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News