Keluarga

Cara Menanam Pakcoy Hidroponik dengan Mudah, Ketahui Bahan yang Disiapkan

Cara Menanam Pakcoy Hidroponik dengan Mudah, Ketahui Bahan yang Disiapkan

MOMSMONEY.ID - Cara menanam pakcoy hidroponik sangatlah mudah. Anda bisa mengikuti cara menanam pakcoy hidroponik dalam artikel ini. 

Ada berbagai manfaat apabila Anda memilih menanam pakcoy hidroponik. Sebab, cara menanam pakcoy hidroponik ini bisa Anda coba di rumah. 

Cara menanam pakcoy hidroponik ini tanpa menggunakan tanah, di mana tanah diganti dengan larutan air yang mengandung nutrisi. 

Mengutip laman djkn.kemenkeu.go.id, sistem hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, dimana tanah diganti dengan larutan air yang mengandung nutrisi. 

Baca Juga: Tips Merawat Lidah Buaya, Begini Menyiram dan Cara Memindahkan Lidah Buaya

Selain itu, teknik ini juga menggunakan rockwool atau spon sebagai media tanamnya dengan menitikberatkann pada pemenuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman. 

Sebelum Anda menanam pakcoy hidroponik, Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan di antaranya sebagai berikut:

Pokcoy

  • Media tanam
  • Bibit pakcoy 
  • Alat potong 
  • Nutrisi hidroponik 
  • Netpot 
  • Alat pengukur pH
  • TDS

Anda bisa menggunakan tisu atau kain basah untuk proses penyemaian bibit pakcoy. Lalu, bisa mencelupkan bibit pakcoy ke dalam air, angkat lalu bungkus dengan kain atau tisu basah. 

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Melati Jepang bagi Pemula, Lakukan Perawatan Ini biar Tetap Wangi

Cara penyemaian:

  • Potong rockwool menjadi ukuran lebih kurang 2×2 cm dan lubangi sedikit tengahnya.
  • Masukkan satu biji berkecambah ke dalam satu lubang tanam.
  • Basahi rockwool dengan air, simpan di tempat tertutup dan teduh.
  • Lakukan penyiraman dua kali sehari, tapi jangan sampai media tanam terlalu becek.
  • Jika kecambah sudah muncul, maka pindahkan ke lokasi dengan sinar matahari langsung. Ketika daun sejati sudah muncul, Anda bisa melakukan pemindahan tanaman. 

Baca Juga: Murah Meriah, Begini Cara Membuat Hidroponik Menggunakan Jerigen Bekas

Namun supaya lebih yakin, tunggu hingga ada dua daun sejati dalam satu bibit pakcoy. Jika daun sudah muncul (2-4) daun maka langkah berikutnya adalah memindahkan rockwool ke dalam netpot untuk kemudian diletakkan ke dalam sistem hidroponik yang sudah disiapkan.

Terdapat tiga hal yang perlu Anda perhatikan ketika menanam pakcoy hidroponik, antara lain jumlah air di bak, tingkat kepekatan nutrisi tanaman dan risiko hama tanaman.

Pakcoy hidroponik bisa dipanen dalam waktu 4 minggu apabila lokasi yang dipilih bagus. 

Menanam pakcoy di rumah bisa mengurangi biaya pengeluaran memasak. Sayuran yang dikenal dengan nama sawi sendok ini biasanya diolah menjadi makanan sehat. Pakcoy kerap bisa diolah menjadi tumis atau cah sayur sawi sendok. 

Selain itu, pakcoy memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Pakcoy mengandung rendah kalori sehingga dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil.

Cara menanam Pakcoy di pot

Menanam pakcoy di rumah perlu benih yang akan ditanam dan pot yang sesuai ukurannya. Caranya, taburkan benih sedalam 1/2 inci langsung di pot yang diinginkan dengan jarak 1 inci.

Anda juga bisa menggunakan nampan benih dan tabur 2 benih di setiap sel.

Nantinya, dalam waktu 4 hari-8 hari, benih tersebut akan berkecambah. Ada tips, saat Anda menanam pakcoy dalam wadah, Anda juga dapat membeli tanaman muda dari pembibitan terdekat atau online.

Untuk menanam pakcoy, pilih wadah yang sedalam 6 inci dan selebar mungkin untuk menumbuhkan tunas pakcoy. 

Baca Juga: Perbedaan Monstera Deliciosa dan Borsigiana, Simak Tips Merawatnya bagi Pemula

Jika Anda menanam pak choi ukuran penuh, gunakan wadah dengan kedalaman 8-10 inci.

Kemudian, Anda bisa mulai memanen pakcoy setelah 3 minggu-4 minggu. Untuk memanennya, Anda perlu memotong daun bagian luar dengan hati-hati dan biarkan daun bagian dalam tumbuh subur. 

Untuk memanen seluruh kepala, tunggu selama 45 hari-55 hari, tergantung varietasnya. Potong seluruh tanaman di permukaan tanah dan gunakan sesuai dengan itu.

Selain itu, hindari membasahi dedaunan atau penyiraman yang berlebihan. Sebab genangan air dapat menyebabkan akar membusuk dan mengundang penyakit jamur lainnya.

Nah, itulah cara menanam pakcoy hidroponik dengan mudah. Meski demikian, Anda perlu mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam pakcoy hidroponik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News