Keluarga

Cara Menaikan Hemoglobin yang Rendah Pada Ibu Hamil

Cara Menaikan Hemoglobin yang Rendah Pada Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Yuk simak cara menaikan hemoglobin (Hb) pada ibu hamil jika kadar Hb Anda rendah saat ini!

Saat sedang hamil, tubuh mengalami banyak perubahan. Salah satu hal penting yang perlu dicek selama masa kehamilan adalah tingkat hemoglobin. 

Hemoglobin adalah protein yang ditemukan di sel darah merah yang bertanggungjawab menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Melansir Matoshree Hospital, selama hamil penting untuk menjaga kadar hemoglobin untuk memastikan kecukupan oksigen bagi janin yang berkembang. 

Baca Juga: Yuk, Simak Cara Membersihkan Jendela Kaca Pakai Teh Hitam

Nah kadar hemoglobin bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk pola makan, genetik dan kondisi medis. Lalu bagaimana cara menaikan kadar hemoglobin yang rendah pada ibu hamil? 

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang
Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sangatlah penting selama hamil untuk menjaga tingkat hemoglobin yang sehat. Makanan harus kaya akan kandungan zat besi, asam folat dan vitamin C.  

Zat besi adalah mineral yang penting dan dibutuhkan untuk produksi hemoglobin. Makanan yang mengandung zat besi adalah daging merah, unggas, ikan, kacang-kacangan, lentil, tahu dan sereal yang diperkaya. 

Asam folat penting untuk membentuk sel darah merah dan dapat ditemukan di sayuran hijau, buah jeruk, kacang-kacangan dan sereal. Sedangkan vitamin C membantu penyerapan zat besi dan bisa ditemukan di buah yang asam seperti jeruk, strawberry, kiwi dan paprika. 

Mengonsumsi suplemen zat besi
Untuk membantu menyeimbangkan kebutuhan nutrisi, Anda bisa menggunakan suplemen zat besi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh selama hamil. Namun perlu diperhatikan zat besi yang berlebihan dapat berbahaya dan dapat menyebabkan sembelit, mual dan muntah. 

Hindari makanan ini
Beberapa makanan bisa mengganggu proses penyerapan zat besih dan sebaiknya dihindari selama kehamilan. Jika Anda tengah mengonsumsi suplemen zat besi, hindari minuman teh dan kopi, makanan berkalsium tinggi dan berserat tinggi. 

Teh dan kopi memiliki kandungan tanin yang bisa mengikat zat besi sehingga sulit diserap oleh tubuh. Makanan berkalsium tinggi seperti susu, keju dan yogurt bisa mengganggu penyerapan zat besi. Sedangkan makanan berserat tinggi seperti gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa mengganggu penyerapan zat besi. 

Baca Juga: Benarkah Musim Hujan Lebih Singkat? Ini Prakiraan Musim Hujan Akan Berakhir!

Latihan rutin dan istirahat yang cukup
Rutin berolahraga sangat penting selama ibu hamil untuk menjaga kadar hemoglobin tetap sehat. Sebab olahraga membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan menigkatkan sirkulasi sehingga membantu penyebaran oksigen ke seluruh tubuh. 

Begitu pula dengan istirahat yang cukup juga penting untuk menjaga kadar hemoglobin. Kelelahan dan kurang tidur bisa menurunkan kadar hemoglobin. Sehingga penting untuk tidur malam 7-8 jam setiap harinya. 

Nah itu tadi cara meningkatkan hemoglobin pada tubuh selama masa kehamilan. Adapun menurut American Pregnanci Asociation, hemoglobin dalam kadar normal jika menunjukan level 11,6 - 13,9 pada trimester pertama, 10,5-13 pada trimester kedua dan 11-12,8 pada trimester ketiga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News