Santai

Benarkah Musim Hujan Lebih Singkat? Ini Prakiraan Musim Hujan Akan Berakhir!

Benarkah Musim Hujan Lebih Singkat? Ini Prakiraan Musim Hujan Akan Berakhir!

MOMSMONEY.ID - Kapan musim hujan di Indonesia akan berhenti? benarkan bahwa musim hujan di tahun 2024 ini lebih singkat?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan musim hujan di Indonesia dimulai dari bagian utara Sumatera menuju ke selatan secara bertahap. Kemudian menuju ke wilayah bagian timur Indonesia.

Baca Juga: Harley-Davidson Akan Hadirkan Motor Baru Tahun Ini, Penasaran?

Nah umumnya musim hujan akan mengalami puncaknya pada bulan Januari dan Februari. Puncak musim hujan ditandai dengan hujan yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia dan akumulasi curah hujan yang tinggi. 

Adapun musim hujan di wilayah Indonesia sangat dipengaruhi oleh aktifnya Monsun Asia. Angin Monsun Asia membawa massa udara lembab yang berasal dari Benua Asia ke Benua Australia melalui Indonesia. 

Namun keragaman morfologi wilayah Indonesia yang terdiri dari perairan dan kepulauan, daratan dan pegunungan membuat respon tiap wilayah terhadap Monsun Asia dan musim hujan berbeda. 

Baca Juga: Manfaat Tersembunyi Kemiri untuk Kulit dan Wajah, Salah Satunya Anti Aging

Ada wilayah yang mengalami satu puncak musim hujan dan satu puncak musim kemarau, ada wilayah yang mengalami dua puncah musim hujan di bulan Maret dan Oktober serta wilayah yang musim hujannya berkebalikan dengan pola monsun. Serta ada wilayah yang memiliki karakteristik hujan tinggi sepanjang tahun atau kurang hujan sepanjang tahun. 

Lalu bagaimana musim hujan di awal tahun 2024? Kapan musim hujan akan berhenti? Pada bulan Januari, sebagian besar wilayah Indonesia masih akan mengalami hujan pada kategori tinggi hingga sangat tinggi. 

Pada Februari 2024 hujan di wilayah Indonesia diprediksi masih berada pada kategori menengah hingga tinggi. Kecuali untuk wilayah Sumatera bagian utara, Sulawesi bagian utara dan Papua Barat bagian utara yang diprediksi mengalami hujan bulanan pada kategori menengah. 

Baca Juga: Ini 5 Arti Spiritual Kupu-Kupu Masuk ke Rumah Anda

Kemudian Maret dan April 2024 curah hujan bulanan di Indonesia masih berada pada kategori menengah hingga tinggi. Kecuali untuk Nusa Tenggara yang akan mengalami musim hujan kategori menengah.

Sehingga musim hujan di Indonesia akan berlangsung hingga April 2024. Saat ini 61% wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Puncak musim hujan diprediksi pada Januari dan Februari 2024 terutama di Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa, Bali, sebagian Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan dan sebagian wilayah Sulawesi. 

Selanjutnya: Pembahasan Dokumen Ekspor Pasir Laut Terus Dikebut, Diperkirakan Rampung Maret 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News