Bugar

Ini Anjuran dan Cara Diet Sehat untuk Ibu Hamil

Ini Anjuran dan Cara Diet Sehat untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Diet sehat sangat penting menjadi bagian gaya hidup Anda kapanpun itu, terutama saat Anda sedang hamil atau merencanakan kehamilan. Makan makanan sehat selama kehamilan bisa membantu tumbuh kembang bayi. 

Dilansir dari NHS UK, Anda tidak perlu melakukan diet khusus tetapi penting untuk mengkonsumsi makanan yang bervariasi setiap harinya untuk mendapatkan keseimbangan nutrisi yang sehat yang dibutuhkan ibu dan bayi. 

Cara diet sehat untuk ibu hamil

Sangat penting untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan yang Anda konsumsi. Namun, pastikan saat hamil, Anda juga mengonsumsi suplemen asam folat untuk memastikan Moms mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. 

Saat diet selama hamil, Anda tentu kerap merasa kesulitan. Biasanya ibu hamil akan lebih sering merasa lapar dari biasanya, namun Anda tidak perlu berpikir bahwa selama hamil Anda makan untuk dua orang. 

Saat diet selama hamil, coba konsumsi sarapan sehat setiap pagi. Gunanya untuk menghindari keinginan nyemil tinggi lemak dan gula. 

Baca Juga: Apakah Konsumsi Minuman Kolagen Bagus untuk Ibu Hamil?

Konsumsi buah dan sayur selama hamil

Selain itu, selama hamil Anda dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayuran karena mengandung vitamin, mineral dan serat yang Anda butuhkan.

Buah dan sayuran bisa menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Setidaknya, konsumsi 5 buah atau sayur setiap harinya. 

Sumber karbohidrat sehat selama diet saat hamil

Makanan bertepung juga bisa menjadi sumber energi yang penting bagi ibu hamil untuk memberi rasa kenyang. Anda bisa mengonsumsi roti, kentang, sereal, nasi, pasta, mie, jagung, oat, ubi, dan tepung jagung sebagai sumber karbohidrat.

Makanan ini harus memenuhi sepertiga dari makanan yang Anda konsumsi namun pilih yang berserat tinggi, ya. 

Baca Juga: Bisa Menjaga Kadar Gula Darah, Ini Sederet Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Pilih jenis protein ini untuk diet sehat selama hamil

Untuk sumber protein, Anda bisa mengonsumsi kacang polong, ikan, telur, daging, ayam dan kacang-kacangan. Pilih daging tanpa lemak, jangan konsumsi kulit atau bagian hatinya. Jangan tambahkan minyak ekstra saat memasak daging. 

Coba konsumsi dua porsi ikan setiap minggunya. Salah satunya gunakan ikan salmon, sarden atau makarel. Namun, jangan lebih dari dua porsi untuk mengonsumsi jenis ikan tersebut. Hindari juga memakan telur setengah matang atau mentah. 

Konsumsi susu selama hamil

Saat diet selama hamil, sebenarnya susu, keju, dan yoghurt sangat penting karena kandungan kalsium dan nutrisi lain yang Anda dan bayi butuhkan. Anda bisa memilih susu rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. 

Anda juga bisa mengonsumsi susu kedelai dan yoghurt tanpa pemanis dan diperkaya kalsiumnya. Namun, ada jenis keju yang perlu Anda hindari yaitu keju yang tidak di pasteurisasi. 

Nah, itu tadi anjuran dan cara diet sehat selama masa kehamilan. Sebaiknya, hindari makanan dan minuman yang tinggi gula karena seringkali mengandung kaliri yang cukup tinggi yang justru bisa membuat berat badan naik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News