Keluarga

Cara Bikin Anak Mau Mencuci Piringnya Sendiri, Gunakan Kalimat Ini, Moms

Cara Bikin Anak Mau Mencuci Piringnya Sendiri, Gunakan Kalimat Ini, Moms

MOMSMONEY.ID - Yuk gunakan kalimat sederhana ini untuk bikin anak mau mencuci piring atau bajunya sendiri!

Melansir Habits and Home, kalimat sederhana ini bisa membuat anak mau membantu membersihkan rumah. Anda tidak perlu lagi berargumen atau memberitahunya berulang kali jika anak tidak mau mencuci piringnya sendiri atau pakaiannya. 

Biasanya anak akan meninggalkan piring atau pakaiannya sendiri karena berharap orang lain yang akan membersihkannya.  Sehingga penting untuk menyadarkan anak bahwa mereka perlu bertanggungjawab atas kekacauan yang mereka buat sendiri. 

Baca Juga: Ini Lo 5 Manfaat Mandi Air Garam, Bisa Meningkatkan Imunitas!

Nah coba gunakan kalimat ini, “Untuk siapa kamu meninggalkan piring atau pakaian kotor ini?”. Kalimat ini akan membut anak berpikir tentang konsekuensi karena meninggalkan barang milik mereka sendiri dan tidak mengambilnya. Kalimat ini juga bisa membuat anak lebih berempati dan bertanggungjawab. 

Sebagai contoh, bayangkan anak Anda selesai makan dan meninggalkan piring kotornya di meja. Kemudian dengan lembut Anda menanyakan, untuk siapa kamu meninggalkan piring kotor ini?

Tentunya kalimat ini akan membuat anak tersadar dan berpikir bahwa dia harus menaruh piringnya di wastafel dan mencucinya. Pertanyaan sederhana ini bisa membuat anak Anda memahami pentingnya berkontribusi terhadap kebersihan rumah. 

Baca Juga: 4 Selebriti Dunia Ini Punya Gangguan Psoriasis, Ada yang Dari Indonesia Juga

Anda bisa menggunakan kalimat yang sama saat anak meninggalkan baju kotornya di lantai. Gunakan kalimat itu untuk meningatkan bahwa orang lain akan mengambilnya jika dia tidak merawat bajunya sendiri. 

Dengan konsisten menggunakan kalimat ini, anak Anda akan semakin tersadar akan tindakan mereka sendiri dan mengembangkan sikap tanggungjawab. Sehingga akan lebih mudah bagi Anda dan anak Anda menjaga rumah tetap rapi dan bersih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News