Santai

Cara Atur Feed Instagram Jadi Lebih Bersih dan Menyajikan Konten yang Sesuai

Cara Atur Feed Instagram Jadi Lebih Bersih dan Menyajikan Konten yang Sesuai

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda muak melihat konten atau postingan yang disarankan secara acak di Instagram? Jika iya, Anda kini bisa mengatur feed Instagram. 

Cara atur feed Instagram ini cukuplah mudah. Anda hanya perlu mengatur beberapa hal di akun Instagram. 

Cara atur feed Instagram menjadi lebih sedikit berguna karena konten yang disajikan sesuai dengan keinginan Anda. 

Baca Juga: Cara Upload Foto Instagram Kualitas Tinggi Lewat HP dan PC, Begini Tipsnya

Lalu, bagaimana cara atur feed Instagram jadi lebih bersih? Berikut cara atur feed Instagram. 

1. Tambahkan Pengikut Anda ke Favorit

ilustrasi Instagram

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menambahkan akun yang Anda ikuti ke kategori Favorit di Instagram? Ini pada dasarnya berarti postingan, cerita, dan reel mereka akan ditempatkan lebih tinggi di feed Anda. Instagram juga akan lebih merekomendasikan mereka saat Anda membagikan reel atau postingan di menu bagikan.

Berikut caranya :

- Untuk menambahkan orang yang Anda ikuti sebagai Favorit, buka Instagram. 

- Kemudian pergilah ke bagian profil. 

- Ketuk ikon tiga garis e di kanan atas layar Anda, lalu ketuk Favorit. 

- Sekarang ketuk tombol Tambah di sebelah nama pengguna teman Anda untuk menambahkannya ke daftar Favorit Anda.

- Alternatifnya, Anda dapat mencari dan mengetuk nama penggunanya untuk menambahkannya ke daftar favorit.

2. Tambahkan Teman ke Daftar Teman Dekat 

Sama seperti cara Anda menambahkan teman ke Favorit, Anda juga dapat menambahkan mereka ke daftar teman dekat Anda. 

Baca Juga: Cara Melihat Youtube Music Recap 2023, Yuk Share Playlist Selama 1 Tahun

Seperti namanya, Favorites bisa menjadi influencer favorit Anda, sedangkan Close Friends bisa menjadi teman masa kecil Anda. Anda juga dapat berbagi cerita, postingan, dan reel eksklusif dengan teman dekat Anda jika Anda memilih untuk melakukannya.

- Untuk menambahkan teman Anda ke daftar teman dekat, buka Instagram di ponsel Anda. Kemudian pergilah ke bagian profil. 

- Ketuk ikon tiga garis di kanan atas layar Anda, lalu ketuk Teman Dekat. 

- Anda akan melihat daftar pengikut Anda. Ketuk nama pengguna teman Anda untuk menambahkannya ke Teman Dekat Anda. Alternatifnya, Anda dapat mencari dan mengetuk nama penggunanya untuk menambahkannya ke daftar teman dekat.

Setelah ini selesai, Anda akan melihat teman dekat Anda muncul di depan teman dan pengikut Anda yang lain di Instagram. 

Kini Anda juga dapat membagikan postingan dan reel Instagram Anda dengan semua teman dekat Anda dan postingan tersebut hanya dapat dilihat oleh mereka, sehingga menambah tingkat privasi pada profil Anda.

3. Jelajahi Feed

Jika Anda sudah muak dengan rekomendasi akun konyol dan iklan sponsor Instagram, maka Anda dapat beralih ke feed Mengikuti. Itu tidak menampilkan iklan apa pun tetapi hanya posting dan gulungan dari akun yang Anda ikuti.

- Untuk mengakses feed Mengikuti di Instagram, buka aplikasi Instagram dan ketuk logo Instagram di kiri atas layar Anda.

- Sekarang ketuk Mengikuti dari menu tarik-turun dan Instagram akan membawa Anda ke Umpan Mengikuti.

Ini adalah trik menarik yang dapat Anda ikuti untuk menghindari interaksi dengan akun yang tidak dikenal dan konten bersponsor di Instagram sekaligus tetap mendapatkan informasi terbaru dari orang-orang yang Anda ikuti untuk mengontrol feed Anda di Instagram.

Baca Juga: Spotify Wrapped 2023 Tidak Muncul di Aplikasi? Simak 8 Cara Memperbaikinya

Namun Anda tidak dapat melihat cerita apa pun di feed Mengikuti, untuk melihat lagi cerita tersebut cukup kembali ke feed biasa di Instagram.

Alternatifnya, Anda juga dapat mengakses feed Favorit di Instagram. Ini hanya menampilkan kiriman dan gulungan dari akun yang Anda tandai sebagai Favorit di Instagram. Sangat bagus jika Anda tidak ingin jatuh ke dalam perangkap bergulir.

4. Kelola Postingan yang Disarankan

Jika Anda merasa dibombardir dengan beberapa postingan yang disarankan, maka Anda perlu memberikan umpan balik pada postingan yang disarankan untuk mengurangi frekuensinya. 

Anda dapat menandai akun tertentu agar tidak mengganggu Anda selama 30 hari ke depan, atau menghapusnya sepenuhnya dari saran yang ditampilkan kepada Anda. 

Konten sensitif juga dapat dibatasi atau diizinkan, bergantung pada preferensi Anda di sini untuk mengelola postingan yang disarankan guna mengontrol feed Anda di Instagram.

5. Hapus Riwayat Pencarian Instagram

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, algoritma Instagram menyarankan berbagai postingan dan reel dari akun populer atau disponsori. Riwayat pencarian Instagram Anda juga berkontribusi terhadap hal itu. 

Jadi, setelah melakukan pencarian di Instagram pastikan Anda menghapus riwayat pencarian Anda. Ada baiknya kami membahas hal ini dalam artikel terperinci, yang menunjukkan bagaimana Anda dapat menghapus riwayat pencarian Anda terlepas dari apakah Anda menggunakan Instagram di ponsel atau browser Anda. 

Nah itulah beberapa cara atur feed Instagram jadi lebih bersih dan menjadikan konten lebih sesuai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News