Keluarga

Yuk Perhatikan! Ini Kunci Utama Cara Bikin Kamar Tidur Jadi Lebih Nyaman

Yuk Perhatikan! Ini Kunci Utama Cara Bikin Kamar Tidur Jadi Lebih Nyaman

MOMSMONEY.ID - Mungkin salah satu penyebab Anda kesulitan tidur adalah karena kamar yang tidak nyaman. Yuk simak bagaimana cara membuat kamar tidur terasa lebih nyaman!

Melansir Homes and Gardens, tidur sangat penting bagi kesehatan dan  kamar tidur harus kondusif untuk istirahat dan bersantai. Namun sayangnya tidak mudah untuk membuat kamar tidur benar-benar kondusif untuk tidur. 

Sedikit kekacauan di kamar tidur, salah memilih bahan seprai hingga suhu dan cahaya yang tidak mendukung bisa menjadi faktor yang menyebabkan kamar tidak nyaman. Nah, sebelum mencari inspirasi desain kamar tidur, ini kunci utama bikin kamar tidur terasa lebih nyaman.

Baca Juga: 5 Teh untuk Membuat Wajah Glowing Menurut Ahli, Ada Favorit Anda?

Cara membuat kamar tidur terasa lebih nyaman

Pastikan kasur, bantal dan guling masih nyaman digunakan

Cara membuat kamar tidur terasa lebih nyaman yang pertama adalah mulai dari hal-hal penting. Anda bisa membuat kamar tidur terasa lebih mengundang namun tidak akan berarti apa-apa jika kasur Anda tidak nyaman untuk ditiduri. 

Jika kasur dan bantal Anda sudah tidak nyaman digunakan, tidak ada salahnya membeli kasur dan bantal baru yang nyaman. Pilih kasur dan bantal yang sesuai dengan gaya tidur dan kebutuhan Anda. 

Pilih tekstur dan tekstil yang tepat

Cara kedua membuat kamar tidur terasa lebih nyaman adalah memilih tekstur dan tekstil yang tepat. Penting untuk menggunakan seprai, selimut, sarung bantal dan sarung guling yang nyaman.

Pilih serat alami seperti alpaka, linen, mohair, wol, katun dan sutra. Hindari yang terbuat dari bahan sintetis karena mengeluarkan senyawa organik yang tidak sehat dan membuat pernapasan tidak nyaman.

Selain itu jangan sepelekan tekstur di kamar tidur Anda. Gabungkan berbagai bahan alami seperti linen, wol dan katun pada kasur Anda. Ini akan menciptakan lingkungan yang terasa nyaman, cozy dan mengundang. 

Atur cahaya senyaman mungkin

Saat ingin membuat kamar tidur terasa lebih nyaman, pertimbangkan penggunaan cahaya alami dan cahaya buatan yang Anda tambahkan. 

Biarkan cahaya alami masuk ke dalam kamar tidur namun kendalikan. Cahaya memiliki efek yang sangat besar pada mood dan pola tidur. Cahaya alami di siang hari sangat indah, namun jika bisa halangi cahaya masuk saat Anda akan tidur. 

Selain itu menggunakan cahaya buatan dari lampu yang salah bisa membuat kamar tidur terasa dingin dan tidak kondusif untuk tidur. Gunakan lampu LED untuk mendukung tidur yang lebih baik. 

Anda bisa menggunakan berbagai jenis lampu di kamar tidur Anda. Mulai dari lampu meja yang digabungkan dengan lampu utama. 

Baca Juga: Cara Bayar Tagihan Shopee pakai OVO, Bisakah?

Pilih warna kamar tidur yang tepat
Cara membuat kamar tidur terasa lebih nyaman adalah pertimbangkan menggunakan cat yang lembut dan warna-warna yang mewakili alam. Anda bisa menggunakan warna biru terang, hijau hutan atau hijau sage untuk memberikan efek menenangkan. 

Selain mempertimbangkan cat dinding di kamar tidur, pastikan juga Anda menyelaraskan dengan warna-warna aksesoris kamar. Misalkan gunakan seprai yang senada dengan warna cat dinding. 

Tambahkan elemen yang bisa membantu Anda tidur nyenyak

Cara selanjutnya untuk membuat kamar tidur terasa lebih nyaman, tambahkan elemen yang bisa membuat Anda tenang. Bisa dengan diffuser beraroma lavender atau mesin suara penghantar tidur. 

Demikian 5 cara membuat kamar tidur Anda terasa lebih nyaman. Selain itu pastikan kamar tidur tidak terlalu penuh dan selalu tertata rapi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News