Santai

Spotify Wrapped 2023 Tidak Muncul di Aplikasi? Simak 8 Cara Memperbaikinya

Spotify Wrapped 2023 Tidak Muncul di Aplikasi? Simak 8 Cara Memperbaikinya

MOMSMONEY.ID - Hampir semua orang membagikan daftar kilas baliknya di media sosial. Beberapa orang lainnya mengalami Spotify Wrapped 2023 tidak muncul di aplikasi.

Lalu, bagaimana jika Spotify Wrapped 2023 tidak muncul di aplikasi?

Artikel ini memberikan informasi mengenai cara memperbaiki Spotify Wrapped 2023 tidak muncul di aplikasi. 

Baca Juga: Cara Melihat Youtube Music Recap 2023, Yuk Share Playlist Selama 1 Tahun

Mengutip Guilding Tech, berikut ini cara memperbaiki Spotify Wrapped 2023 tidak muncul di aplikasi. 

1. Periksa Apakah Spotify Wrapped Tersedia

Spotify Wrapped 2023

Karena Spotify Wrapped adalah acara tahunan, acara tersebut harus terlihat di aplikasi Spotify Anda. Jika ini terjadi, Anda akan mendapatkan notifikasi banner, atau playlist Spotify Wrapped akan muncul di beranda Spotify Anda.

Anda juga dapat memeriksa ID email yang terdaftar di akun Spotify Anda untuk mengetahui pengumuman.

Jika Anda tidak dapat menemukan hal-hal di atas, kunjungi halaman Spotify's Wrapped untuk melihat apakah sudah resmi dirilis. 

Jika tidak, kami sarankan Anda menunggu pengumuman Spotify. Sementara itu, Anda dapat mengunjungi kembali playlist Wrapped tahun sebelumnya.

2. Konfirmasikan Apakah Akun Anda Memenuhi Syarat

Karena Spotify Wrapped adalah hasil pilihan musik Anda selama setahun sebelumnya, Spotify perlu memiliki data yang cukup untuk mengompilasinya. 

Ini berarti akun Spotify Anda harus berusia minimal satu tahun, sebaiknya dibuat sebelum November tahun sebelumnya. Selain itu, Anda harus mendengarkan lagu atau podcast selama lebih dari 30 detik agar dapat dihitung.

Baca Juga: Melihat Daftar Putar Setahun, Begini Cara Buat Spotify Wrapped 2023

Jika kondisi di atas terpenuhi, tetapi Anda masih tidak dapat melihat playlist Wrapped Anda, lanjutkan dengan perbaikan di bawah.

3. Periksa Pembaruan Aplikasi 

Meskipun fitur Spotify Wrapped bukanlah fitur baru, penambahan baru dilakukan setiap tahun. Artinya, aplikasi Spotify Anda harus diperbarui untuk melihat dan mendapatkan semua fitur playlist ini. 

Dalam hal ini, gunakan App Store atau Google Play Store untuk memeriksa dan menginstal pembaruan yang relevan untuk aplikasi Spotify.

4. Tutup paksa dan Mulai Ulang Spotify

Jika aplikasi terbuka di latar belakang terlalu lama atau mengalami gangguan sementara, menutup paksa dan memulai ulang aplikasi dapat membantu mencegah masalah.

Baca Juga: Spotify Wrapped Live Indonesia 2023 Sukses Digelar, Rayakan Para Kreator

Melakukan hal ini mungkin juga membantu membuat playlist Spotify Wrapped Anda terlihat.

5. Hapus Cache untuk Spotify

Aplikasi menyimpan informasi tertentu mengenai penggunaan Anda sebelumnya untuk membantu memuatnya lebih cepat. Ini dikenal sebagai cache. Namun, jika cache ini menjadi terlalu besar atau rusak, hal ini malah dapat menyebabkan masalah saat menggunakan aplikasi. 

Dalam hal ini, Anda dapat menghapus cache untuk aplikasi Spotify dan melihat apakah ini memperbaiki masalah Spotify Wrapped yang tidak berfungsi atau tidak memuat. 

6. Copit dan Instal Ulang

Mencopot pemasangan aplikasi Spotify akan menghapus pengaturan dan data aplikasi dari perangkat Anda. 

Kemudian, setelah aplikasi diinstal ulang, salinan baru aplikasi tersebut akan diinstal ulang. Jadi, jika Anda masih tidak dapat melihat Spotify Wrapped Anda, mencopot pemasangan dan memasang ulang aplikasi Spotify mungkin dapat membantu memperbaikinya.

7. Gunakan VPN

Pembatasan regional dapat menyebabkan playlist dan fitur tertentu tidak muncul di aplikasi Spotify Anda. Jadi, jika Anda baru saja berpindah lokasi atau sebelumnya menggunakan VPN untuk mengakses Spotify, playlist Wrapped Anda mungkin tidak terlihat. 

Dalam hal ini, gunakan aplikasi VPN untuk terhubung ke lokasi yang diketahui sebelumnya untuk memeriksa. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Template Instagram Reels dengan Kualitas Video Terbaik

8. Hubungi Dukungan Spotify

Jika Anda telah menggunakan metode yang disebutkan di atas untuk mengonfirmasi bahwa akun Anda memenuhi syarat dan Spotify Wrapped tersedia, namun Anda masih tidak dapat melihatnya, menghubungi dukungan Spotify mungkin bisa membantu. 

Ini dapat membantu memperbaiki masalah apa pun pada akun Anda atau Spotify yang mungkin menyebabkan playlist Wrapped Anda tidak muncul di aplikasi Spotify Anda.

Daftar putar Spotify Wrapped menyenangkan untuk dilihat dan dibagikan petualangan musik Anda sepanjang tahun. Jadi sayang sekali jika Spotify Wrapped tidak muncul di Android atau iPhone Anda.

Nah itulah cara mengatasi dan memperbaiki Spotify Wrapped 2023 tidak muncul di aplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News