CLOSE [X]
M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Buat Pelaku Usaha, Ini Hasil Studi soal Pembeli Online dari Ninja Xpress

Buat Pelaku Usaha, Ini Hasil Studi soal Pembeli Online dari Ninja Xpress
Reporter: SS. Kurniawan  |  Editor: S.S. Kurniawan


MOMSMONEY.ID - Perusahaan logistik berbasis teknologi Ninja Xpress bermitra dengan Geopost merilis Suara UKM Negeri Vol 3 mengenai masa depan e-shoppers atau pembeli online di Indonesia. 

Bagaimana masa depan e-shoppers di Indonesia? Studi ini Ninja Xpress dan Geopost lakukan pada lebih dari 1.500 pembeli online dan wawancara mendalam kepada lebih dari 65 pembeli online.

Tujuannya, untuk memberikan penjelasan tentang kelompok pembelanja online yang aktif, yang selanjutnya disebut sebagai e-shopaholics.

Pada 2022, 74% orang di Asia Tenggara adalah pengguna internet, dengan 86% di antaranya adalah e-shoppers. 

Sementara untuk penggila belanja online atau e-shopaholics mencapai 14% dari populasi pembelanja online di Indonesia, dan mereka bertanggungjawab atas 43% dari total pembelian e-commerce.

Berdasarkan hasil riset, sebagian besar e-shopaholics adalah pengguna awal belanja online

Baca Juga: Apakah Kita dalam Resesi atau Tidak? Ini Jawaban Robert Kiyosaki

Di Indonesia, belanja online dimulai pada tahun 1999 saat Andrew Darwis mendirikan forum jual beli bernama Kaskus, lalu disusul dengan kehadiran platform Bhinneka.com. 

Belanja online tumbuh di tahun 2000-an, dengan kemunculan beberapa e-commerce.

Selama tahun 2010-an, semakin banyak platform e-commerce lokal dan internasional masuk ke pasar Indonesia yang menawarkan berbagai produk dan kategori. 

Berbagai promosi, diskon, dan layanan pengiriman yang mudah juga dihadirkan, sehingga mendorong minat masyarakat untuk melakukan belanja online.

Selain itu, beragam inovasi juga terus dihadirkan, seperti pembayaran digital, program loyalitas, hingga penggunaan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengalaman belanja online

Dengan demikian, e-shopaholics ahli dalam menavigasi ekosistem e-commerce dan sangat mahir dalam menavigasi berbagai platform pembelian untuk membeli apa yang mereka inginkan.

Baca Juga: 5 Konten Populer yang Bisa Anda Gunakan untuk Meningkatkan Engagement

"Berpengalaman dalam seluk-beluk belanja online, para e-shopaholics memiliki standar yang jauh lebih tinggi daripada pembeli online pada umumnya," kata Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (11/7).

Mulai dari penelusuran awal hingga menerima paket setelah mengklik produk di e-commerce. Setiap tahap sangat penting untuk memastikan kesetiaan e-shopaholics.

"Melalui Suara UKM Negeri Vol. 3, Ninja Xpress berharap bisa memberikan penjelasan mengenai e-shopaholics untuk mempersiapkan UKM Indonesia saat kita memasuki perjalanan e-commerce berikutnya," ujarnya.

Riset Suara UKM Negeri Vol. 3 mengeksplorasi perilaku belanja para e-shopaholics, dengan empat ciri-ciri besar yaitu:

1. Impressionable: keputusan pembelian para e-shopaholics sangat dipengaruhi oleh media sosial dan influencer.

2. Invested: e-shopaholics menghabiskan banyak waktu untuk riset produk dan membaca ulasan di berbagai platform

3. Savvy: e-shopaholics sering berbelanja online di berbagai kategori produk dan sangat mahir dalam menggunakan berbagai jenis platform.

4. Loyal: e-shopaholics memiliki standar yang jauh lebih tinggi daripada pembelanja online pada umumnya. Mulai dari awal hingga menerima paket setelah klik dan tap, setiap tahap sangat penting untuk memastikan kesetiaan seorang e-shopaholics.

Baca Juga: Ingin Jadi Womenpreneur? Simak Tips dari Michella Ham Pendiri Skin Game

Melalui Suara UKM Negeri Vol. 3, Ninja Xpress menegaskan kembali komitmen untuk memahami lanskap yang terus berubah dalam rangka memberikan solusi pengiriman tanpa kerumitan kepada para penjual e-commerce yang bisa meningkatkan bisnis UKM melalui:

1. Creative business solutions

Layanan photo video product, endorsement, hingga live selling di berbagai platform. Hal ini menjawab kebutuhan akan impressionable, invested, dan savvy pada e-shopaholics.

Layanan creative business solutions dilakukan tanpa berbayar untuk UKM yang mengirimkan barang melalui Ninja Xpress.

UKM dan komunitas di Jakarta dapat mengunjungi dan menggunakan berbagai fasilitas di Creative Hub Ninja Xpress Jakarta yang berlokasi di Jl. Pejaten Barat I No. 1A RT 2/RW 8 Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

2. Sellercraft 

Alat manajemen pesanan online, Seller Wizard dari Sellercraft memastikan bahwa bisnis UKM tidak akan pernah kehilangan pesanan atau pelanggan dengan satu akun untuk berbagai platform.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

IHSG Sesi I Jumat Turun 0,24%, TPIA Pertahankan Posisi Saham Keempat Terbesar

Sementara DCII melemah, TPIA yang menguat 0,35% berhasil mempertahankan posisi market cap terbesar keempat yang diraih sejak kemarin.

Harga Emas Menuju Penurunan Mingguan Hampir 1%, Ini Penyebabnya!

Harga emas melemah, dengan pasar swap hanya melihat peluang 40% untuk penurunan suku bunga bulan depan.                      

Hasil Australian Open 2025, Tiga Wakil Indonesia di Sektor Putri Tembus Semifinal

Hasil Australian Open 2025 Babak Perempat Final Jumat (21/11), tiga wakil Indonesia di sektor putri menapak ke babak semifinal.

Kenali RSV pada Bayi Prematur, Begini Cara Deteksi Infeksi Saluran Pernafasan Ini

Kenali RSV pada bayi prematur, begini cara deteksi infeksi saluran pernafasan ini yang perlu Moms tahu.

Vivo X300 Bawa RAM 16GB & Kamera Utama 200 MP, Pre-Order Dibuka Sejak 20 November!

Pre-order Vivo X300 dibuka mulai tanggal 20 November 2025, bawa kamera utama 200 MP & video 4K. Vivo 300 rilis bersama saudaranya si Vivo X300 Pro

Weekend Makin Mantap dengan Promo PHD Paket 2 Pizza dan 5 Snack, Khusus Jumat-Minggu

PHD hadirkan promo spesial tipa Jumat-Minggu selama November 2025. Nikmati paket 2 Pizza dan 5 Snack dengan harga spesial.

Ini Alasan Literasi Finansial Penting bagi Pelaku UMKM Perempuan

Berikut ini alasan literasi finansial penting bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM perempuan yang perlu Anda tahu.

IHSG Ambil Nafas, Turun 0,2% Pada Jumat Pagi (21/11)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak melandai 0,2% di akhir pekan ini, Jumat, 21 November 2025. 

7 Film Found Footage Horor Paling Menegangkan, Berani Nonton?

Ingin pengalaman horor tak terlupakan? Simak rekomendasi film found footage horor terbaik di artikel ini, yuk.

Agak Laen 2: Menyala Pantiku Berikan Komedi Segar yang Baru dari Film Pertama

Latar panti jompo yang penuh misteri dipadu dengan komedi penuh empati, sukses membawa tawa penonton. ​