Bugar

Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Setelah Lebaran Lo

Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Setelah Lebaran Lo

MOMSMONEY.ID - Buah penurun kolesterol ini bisa Anda konsumsi setelah Lebaran, cegah kolesterol tinggi!

Tentu kita sudah tahu bahwa makanan saat Lebaran umumnya banyak yang mengandung kolesterol tinggi. Konsumsi berlebih bisa sebabkan kadar kolesterol melonjak tinggi. Meskipun begitu, Anda bisa mencoba cara menurunkan kadar kolesterol, salah satunya dengan konsumsi buah.

Sebab ada beberapa jenis buah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol setelah Lebaran. Berikut adalah beberapa buah penurun kolesterol yang bisa Anda coba, menyadur dari Halodoc:

1. Apel

Apel kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, dan vitamin C. Kandungan pektin, yaitu serat alami yang banyak ditemukan dalam buah, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengganti camilan kue kering dengan buah apel setelah Lebaran adalah pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga: Panduan Makan Sehat saat Lebaran, Yuk Terapkan!

2. Jeruk

Jeruk tidak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga memiliki kandungan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebuah studi dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa konsumsi jus jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 23% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Untuk manfaat terbaik, konsumsilah jeruk dalam bentuk buah utuh tanpa tambahan gula atau pemanis.

3. Buah Beri

Berbagai jenis buah beri seperti blackberry, raspberry, dan strawberry memiliki manfaat serupa dalam menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi berbagai jenis buah beri sebagai camilan sehat dapat membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: Daftar Makanan Penetral Tubuh Setelah Konsumsi Daging saat Lebaran

4. Anggur

Anggur, seperti apel, mengandung pektin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi anggur secara teratur dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

5. Semangka

Semangka dikenal memiliki kandungan air yang tinggi dan juga mengandung likopen yang dapat mencegah radikal bebas serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi semangka secara rutin, baik sebagai hidangan penutup atau camilan sehat, dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Itulah daftar buah penurun kolesterol yang bisa Anda coba. Jadi, pastikan untuk memasukkan buah-buahan ini ke dalam menu harian Anda untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil, ya. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Traveloka Catat Akomodasi dan Atraksi Yang Banyak Dicari Saat Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News