Bugar

Konsumsi Rebusan Daun Sukun untuk Mengatasi Asam Urat, Ini Cara Membuatnya

Konsumsi Rebusan Daun Sukun untuk Mengatasi Asam Urat, Ini Cara Membuatnya

MOMSMONEY.ID - Banyak yang percaya akan khasiat rebusan daun sukun untuk mengatasi asam urat. Mari simak cara membuatnya.

Pengobatan alami asam urat telah menjadi pilihan bagi banyak orang. Salah satu metode yang telah menarik perhatian adalah konsumsi rebusan daun sukun. Daun sukun telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk asam urat.

Bersumber dari buku "Mengenal Manfaat Sukun, Manggis, dan Sirsak Dari Pengobatan Hingga Olahan Makanan", yang dikutip dari Kompas.com, daun sukun mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B1, B2, C, kalsium, fosfor, zat besi, flavonoid, dan beta sitosterol.

Flavonoid dalam daun sukun memiliki manfaat dalam menurunkan asam urat, dengan cara menginhibisi aktivitas xantin oksidase, enzim yang mengubah purin menjadi asam urat. Untuk memperoleh manfaat dari daun sukun, Anda dapat memanfaatkan air rebusannya.

Baca Juga: Cara Cepat Kurus dan Langsing, Coba Olahraga Penurun Berat Badan Ini!

Adapun cara membuat rebusan daun sukun untuk mengatasi asam urat adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah daun sukun yang sudah tua serta memiliki warna hijau gelap.
  • Cuci daun sukun dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel
  • Rebus air dalam panci. Jumlah air tergantung pada seberapa banyak rebusan yang ingin Anda buat, tetapi umumnya sekitar 5 gelas air untuk setiap 2-3 lembar daun sukun. Setelah air mendidih, masukkan daun sukun ke dalam panci.
  • Biarkan daun sukun direbus di dalam air mendidih. Ini memungkinkan ekstrak daun sukun larut ke dalam air dan menghasilkan rebusan yang kaya akan nutrisi.
  • Setelah selesai merebus, saring rebusan untuk memisahkan daun dari airnya.
  • Biarkan air rebusan tersebut dingin sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: Obati Asam Urat dengan Terapi Jeruk Nipis, Mau Coba?

Nah, demikianlah pembahasan terkait rebusan daun sukun untuk mengatasi asam urat beserta cara membuatnya. Namun, pengobatan asam urat tidak hanya bisa bergantung pada air rebusan daun sukun saja.

Orang dengan asam urat tinggi harus tetap memperhatikan asupan makanannya, seperti menghindari makanan yang mengandung purin.

Selain itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan terkait efektivitas rebusan daun sukun untuk mengatasi asam urat. Pastikan Anda telah berkonsultasi ke dokter sebelum mencobanya, utamanya bagi Anda yang punya penyakit tertentu. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: 6 Tontonan Film dan Serial Komedi Raditya Dika, Terbaru Ada Komedi Kacau di Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News