Keluarga

Biar Tidak Iritasi, Ini 5 Cara Menggunakan Serum Salicylic Acid yang Benar

Biar Tidak Iritasi, Ini 5 Cara Menggunakan Serum Salicylic Acid yang Benar

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 cara menggunakan serum salicylic acid yang benar di sini.

Salicylic acid atau asam salisilat merupakan bahan aktif skincare yang terkenal dengan kemampuannya dalam mengatasi jerawat dan mengeksfoliasi kulit.

Seperti bahan skincare lainnya, penting bagi Anda untuk menggunakan salicylic acid (termasuk dalam bentuk serum) dengan benar agar mendapatkan hasil terbaik tanpa membahayakan kulit.

Simak dan terapkan, berikut 5 cara menggunakan serum salicylic acid yang benar sebagaimana dilansir dari Raw Beauty Wellness.

Baca Juga: Bukan Beras Putih, Ini Pilihan Beras yang Ramah untuk Penderita Diabetes!

1. Mulai dengan konsentrasi rendah

Cara menggunakan serum salicylic acid yang benar pertama yaitu mulai dengan konsentrasi rendah.

Salicylic acid tersedia dalam berbagai konsentrasi, mulai dari 0,5% hingga 2%. Jika Anda baru mengenal salicylic acid atau memiliki kulit sensitif, sebaiknya mulai dengan konsentrasi yang lebih rendah seperti 0,5% atau 1% dan tingkatkan konsentrasinya secara bertahap seiring dengan terbiasanya kulit Anda.

Apabila Anda langsung menggunakan serum salicylic acid dengan konsentrasi tinggi untuk pertama kali, itu dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kekeringan.

2. Gunakan sesuai petunjuk

Cara menggunakan serum salicylic acid yang benar kedua yaitu gunakan sesuai petunjuk.

Karena bersifat asam, salicylic acid cenderung keras bagi kulit jika digunakan secara tidak benar. Jadi, selalu baca petunjuk pada kemasan serum sebelum menggunakannya dan ikuti petunjuknya dengan cermat.

Ingat, hindari menggunakan serum salicylic acid di sekitar mata, hidung, mulut, dan pada jerawat aktif. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan atau iritasi, segera hentikan penggunaannya.

3. Jangan terlalu sering menggunakannya

Cara menggunakan serum salicylic acid yang benar ketiga yaitu jangan terlalu sering menggunakannya.

Meskipun serum wajah yang mengandung salicylic acid merupakan eksfolian yang efektif, namun penggunaan yang terlalu sering justru lebih merugikan daripada menguntungkan. Penggunaan serum salicylic acid secara berlebihan dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan, dan iritasi yang berpotensi memperburuk kondisi kulit.

Sebaiknya, mulai gunakan serum salicylic acid 1-2 kali saja dalam seminggu. Secara bertahap, tingkatkan frekuensinya jika kulit Anda mampu menoleransinya.

Baca Juga: Bikin Kulit Lembut, Ini 4 Manfaat Garam Himalaya untuk Kulit dan Rambut

4. Pakai pelembab setelahnya

Cara menggunakan serum salicylic acid yang benar keempat yaitu memakai pelembab setelahnya.

Salicylic acid dapat membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, penting untuk melembabkan kulit Anda setelah menggunakan serum salicylic acid dengan memakai pelembab yang ringan, non-komedogenik, dan bebas pewangi.

Dengan memakai pelembab setelah menggunakan serum salicylic acid, itu bisa membantu menenangkan kulit sekaligus mencegah kekeringan dan iritasi. Agar lebih aman, Anda dapat menerapkan teknik sandwich saat menggunakan bahan aktif seperti salicylic acid. Caranya, aplikasikan pelembab sebelum dan setelah menggunakan serum salicylic acid.

5. Lakukan dengan sabar

Cara menggunakan serum salicylic acid yang benar kelima yaitu lakukan dengan sabar.

Salicylic acid bukanlah obat ajaib untuk jerawat atau masalah kulit lainnya. Penggunaan salicylic acid butuh waktu untuk menunjukkan hasil.

Diperlukan waktu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk melihat perbaikan pada kulit Anda setelah menggunakan serum salicylic acid. Maka dari itu, bersabarlah dan tetap konsisten dalam menggunakan serum salicylic acid alih-alih mengharapkan hasilnya dalam semalam.

Demikian 5 cara menggunakan serum salicylic acid yang benar. Salicylic acid bisa menjadi bahan perawatan kulit yang efektif bila digunakan secara benar. Dengan mengikuti cara-cara di atas, penampilan kulit Anda akan membaik tanpa menimbulkan kerusakan atau iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News