Bugar

Sedang Berjerawat? Konsumsi Makanan Penghilang Jerawat Ini, yuk!

Sedang Berjerawat? Konsumsi Makanan Penghilang Jerawat Ini, yuk!

MOMSMONEY.ID - Jerawat merupakan masalah kulit yang seringkali menyebabkan rasa tidak percaya diri. Penyebab jerawat bisa beragam, mulai dari faktor genetik, hormonal, hingga pola makan. Nah, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengurangi jerawat. Mengutip dari Everyday Health, di bawah ini adalah makanan penghilang jerawat yang bisa Anda konsumsi:

1. Makanan berprobiotik

Probiotik, yang merupakan mikroorganisme menguntungkan untuk kesehatan usus, dapat memainkan peran penting dalam mengurangi peradangan dan membantu dalam penanganan jerawat.

Selain itu, probiotik berpotensi menurunkan kadar Insulin Like Growth Factor (IGF-1), hormon yang berhubungan dengan pertumbuhan. Salah satu sumber probiotik yang sangat baik adalah yogurt, yang bermanfaat tidak hanya saat berjerawat tetapi juga sebagai langkah preventif.

Baca Juga: Kenali Penyebab Jerawat Punggung yang Jarang Diketahui

2. Makanan kaya antioksidan

Sifat anti-inflamasi dari antioksidan dapat sangat membantu dalam mengatasi jerawat. Antioksidan bekerja melawan radikal bebas dan stres oksidatif yang dapat mengurangi jerawat. Banyak makanan yang tinggi antioksidan, termasuk sayuran hijau seperti bayam dan kale, serta buah-buahan seperti tomat dan jeruk.

3. Makanan kaya omega-3

Asam lemak Omega-3 dikenal dengan sifat anti-inflamasinya, yang dapat mengurangi peradangan pada kulit, salah satu faktor penyebab jerawat. Beberapa sumber makanan yang kaya akan omega-3 termasuk ikan seperti mackerel, salmon, dan sarden; produk kedelai seperti tahu; daging sapi; dan kacang-kacangan seperti kenari dan almond.

Baca Juga: Sering Ganggu Penampilan, Ini Cara Mengatasi Jerawat Punggung yang Efektif

Cara lain menghilangkan jerawat 

Selain mengonsumsi makanan penghilang jerawat di atas, Anda juga bisa menerapkan beberapa cara berikut ini, lo:

  • Rutin membersihkan wajah dengan pembersih yang sesuai jenis kulit, hindari mencuci wajah terlalu keras atau sering, dan selalu bersihkan setelah berkeringat.
  • Pilih produk khusus untuk kulit berjerawat yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau asam glikolat untuk mengurangi minyak dan peradangan.
  • Kelola stres, pertahankan diet sehat, hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor, dan jangan memencet jerawat.
  • Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 khusus untuk kulit berjerawat untuk melindungi dari sinar matahari yang dapat memperburuk jerawat.
  • Jika jerawat parah atau tidak membaik, temui dokter kulit untuk rekomendasi perawatan yang lebih spesifik.

Baca Juga: Tanda-tanda Skin Barrier Rusak yang Sering Tidak Disadari, Kulit Jadi Sensitif!

Nah, demikianlah pembahasan terkait makanan penghilang jerawat serta beberapa cara untuk menghilangkan jerawat lainnya. Mengonsumsi makanan ini dapat membantu dalam mengurangi jerawat, tetapi penting juga untuk mempertahankan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Selain itu, perlu diingat bahwa setiap orang mungkin bereaksi berbeda terhadap makanan tertentu. Jadi, penting untuk memahami tubuh Anda sendiri dan melakukan penyesuaian menu diet jika diperlukan. Semoga bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News