MOMSMONEY.ID – Dalam memperkuat bisnis usaha kecil dan menengah (UKM), PT Bank Maybank Indonesia Tbk memperkuat strategi Customer Centricity dan memperluas jaringan kemitraan. Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia Bianto Surodjo mengatakan, segmen UKM merupakan salah satu segmen bisnis yang paling penting dan strategis bagi Maybank Indonesia.
Dalam mengembangkan bisnis UKM, Maybank tidak sekadar menyalurkan pembiayaan ke nasabah. Maybank Indonesia turut membangun ekosistem, memperkuat kemitraan, memberdayakan wirausaha di segmen UKM, serta mendorong pertumbuhan berkelanjutan. Menurut Bianto, pengembangan bisnis UKM dilakukan sejalan dengan misi Maybank Indonesia, yaitu ‘Humanising Financial Services’.
Head of SME Banking Maybank Indonesia, David Wongso mengatakan, pada tahun ini bank akan meningkatkan penetrasi nasabah UKM melalui intensifikasi customer centricity (berpusat pada nasabah) dengan lebih aktif mendekati pasar melalui berbagai aktivitas, diantaranya berpartisipasi aktif dalam B2B Expo, berkolaborasi dalam penyelenggaraan event di tingkat regional serta mengembangkan digitalisasi perbankan untuk UKM ’eBiz Maxi’, sehingga nasabah dapat mengajukan pinjaman kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke cabang.
Baca Juga: Sinergi untuk UMKM, Kemenko PM Gelar Uji Publik Program Berdaya Bersama
Strategi lain yang dikembangkan Maybank Indonesia untuk meningkatkan penetrasi nasabah adalah memperkuat kemitraan. David mengungkapkan, salah satu strategi yang akan dikembangkan untuk memperkuat kemitraan adalah meningkatkan kerja sama dengan B2B2B dan bersinergi dengan penyedia solusi bisnis seperti akuntan, konsultan pajak, atau SDM untuk menyediakan layanan UKM ke pelanggan mitra.
“Maybank Indonesia juga akan mengoptimalkan beragam varian produk dan layanan yang disediakan untuk nasabah, seperti layanan Premier Wealth, Trade Finance, Internet Banking (M2u dan M2E), untuk memenuhi seluruh kebutuhan customer akan layanan perbankan,” ujarnya mengutip siaran pers, Minggu (27/4).
Maybank Indonesia berkomitmen untuk terus memperkuat ekosistem dan komunitas UKM dengan membuka lebih banyak peluang kolaborasi, sehingga dapat mendorong kontribusi sektor UKM terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.
Baca Juga: 64% UMKM Dikelola Perempuan, BCA Dorong Pengembangan Lewat Berbagai Inisiatif
Selanjutnya: Indosat Percepat Transformasi Pertambangan Lewat Adopsi AI
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News